Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Lewat Youtube

Kenapa YouTube bisa membantu belajar Bahasa Inggris?


YouTube untuk belajar bahasa Inggris

Saat ini, media sosial seperti YouTube memiliki peran yang semakin besar dalam membantu belajar Bahasa Inggris. Banyak konten di YouTube yang sangat cocok untuk para pembelajar Bahasa Inggris di Indonesia. Berbagai konten tersebut, mulai dari video pembelajaran, film, talkshow, sampai channel khusus yang membahas seputar Bahasa Inggris, seperti tips and tricks.

Ada beberapa alasan mengapa YouTube bisa membantu belajar Bahasa Inggris:

  1. Memperkaya kosakata
  2. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kosakata adalah hal yang sangat penting. Semakin banyak kosakata yang kita ketahui, semakin mudah juga kita memahami arti dari kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris. Dengan YouTube, kita bisa menemukan berbagai video yang berisi kosakata-kosakata penting dalam Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, kita bisa menemukan banyak video yang menampilkan kosakata Bahasa Inggris dalam dunia nyata, seperti di supermarket atau tempat makan, yang jelas akan lebih memudahkan kita dalam memahami penggunaan kosakata-kosakata tersebut.

  3. Memperbaiki pengucapan
  4. YouTube juga sangat membantu dalam memperbaiki pengucapan kata dalam Bahasa Inggris. Berbagai channel atau video yang berisi latihan-latihan pengucapan sangat banyak di YouTube. Dalam video tersebut, pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris akan diucapkan dengan baik dan benar. Hal ini sangat membantu para pembelajar Bahasa Inggris yang ingin memperbaiki pengucapan yang masih salah atau terdengar asing.

  5. Menambah wawasan
  6. Selain memperkaya kosakata dan memperbaiki pengucapan, menonton video dalam Bahasa Inggris juga akan membantu kita dalam menambah wawasan. Dalam video, kita akan menemukan banyak informasi baru dan bisa mengenal berbagai budaya di seluruh dunia. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita.

  7. Melatih listening skill
  8. Melatih listening skill atau kemampuan mendengarkan adalah salah satu hal yang sulit untuk dilakukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. YouTube bisa sangat membantu dalam melatih kemampuan saat mendengarkan Bahasa Inggris. Kita bisa menemukan banyak video dengan beragam aksen Bahasa Inggris dari berbagai negara, seperti Inggris, Amerika, Kanada, Australia, dan masih banyak lagi.

  9. Belajar dengan cara yang menyenangkan
  10. YouTube juga sangat membantu dalam meningkatkan semangat dan motivasi belajar Bahasa Inggris. Kita bisa menemukan banyak video yang menarik, seru seperti animasi atau film yang bisa membuat kita lebih semangat saat belajar Bahasa Inggris. Dengan cara belajar yang menyenangkan, kita bisa lebih mudah dan cepat memahami pelajaran Bahasa Inggris dengan rasa yang menyenangkan.

Demikian beberapa alasan mengapa YouTube sangat membantu dalam belajar Bahasa Inggris bagi para pembelajar di Indonesia. Jangan ragu untuk memanfaatkan YouTube sebagai salah satu sumber belajar Bahasa Inggris yang menarik, seru, dan bermanfaat.

Channel YouTube bahasa Inggris yang direkomendasikan


YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris melalui YouTube saat ini semakin mudah dilakukan. Tidak perlu membayar kursus mahal, belajar bahasa Inggris dengan YouTube jauh lebih terjangkau dan fleksibel. Di Indonesia sendiri, banyak channel YouTube yang menyajikan materi-materi bahasa Inggris yang menarik dan dibawakan oleh native speaker atau guru bahasa Inggris yang kompeten. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. English with Lucy

English with Lucy

English with Lucy menjadi pilihan pertama bagi mereka yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Channel YouTube ini menawarkan berbagai video pembelajaran dengan berbagai topik mulai dari kosakata keseharian, tata bahasa, pengucapan, sampai topik-topik populer seperti traveling dan budaya. Selain itu, Lucy juga memberikan tes-tes bahasa Inggris yang sangat berguna untuk mengukur tingkat kemampuan siswa.

2. Learn English with Emma

Learn English with Emma

Emma dari Learn English with Emma menyajikan video pembelajaran yang menyejukkan dan mudah diikuti. Dalam channel ini, Emma membahas berbagai topik seperti kosakata, tata bahasa, dan pengucapan bahasa Inggris secara detail. Ditambah dengan vlog-vlog yang dibuat Emma sendiri, Learn English With Emma cocok untuk kamu yang ingin memperbaiki kemampuan bahasa Inggris secara menyenangkan.

Program-program belajar bahasa Inggris lainnya

Tidak hanya English with Lucy dan Learn English with Emma, terdapat banyak program-program belajar bahasa Inggris di YouTube lainnya yang bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah. Channel seperti BBC Learning English, Speak English with Misterduncan, dan Rachel’s English, juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan tes bahasa Inggris, channel seperti IELTS Liz, Cambridge English, dan TOEFL TV bisa menjadi solusi terbaik.

Meskipun belajar bahasa Inggris melalui YouTube terdengar mudah, tetap diperlukan kerja keras dan konsistensi dalam belajar. Pastikan kamu mengikuti video-video pembelajaran dengan rajin dan mencatat hal-hal baru yang kamu pelajari. Dalam waktu tak lama, kemampuan berbahasa Inggris kamu pasti akan meningkat dengan signifikan.

YouTube sebagai sarana belajar Bahasa Inggris yang efektif


youtube belajar bahasa inggris indonesia

Sudahkah kamu memanfaatkan YouTube sebagai sarana belajar Bahasa Inggris yang efektif? YouTube bukan hanya untuk hiburan semata, tapi juga bisa menjadi media pengajaran Bahasa Inggris yang sangat efektif. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, aktivitas belajar menjadi terbatas karena kegiatan belajar di rumah (PJJ). Oleh karena itu, YouTube dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Selain mudah diakses, YouTube juga menyajikan banyak sekali video yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Mulai dari lagu, film, hingga video edukatif. Namun, untuk bisa memanfaatkan YouTube secara efektif, kamu perlu mengetahui beberapa tip dan trik. Berikut adalah beberapa tip dan trik efektif belajar Bahasa Inggris dari YouTube:

1. Temukan Kanal YouTube yang Bertema Bahasa Inggris


youtube tutorial bahasa inggris indonesia

Tip pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari kanal YouTube yang bertema Bahasa Inggris. Kamu bisa mencari kanal dengan kata kunci Bahasa Inggris atau tutorial Bahasa Inggris. Selain itu, banyak juga kanal yang disediakan oleh institusi pendidikan atau perusahaan jasa Bahasa Inggris yang menghadirkan tutor dengan pengalaman dan kredibilitas yang terjamin.

Pilihlah kanal yang sesuai dengan level kemampuanmu dalam Bahasa Inggris. Jangan memilih kanal yang terlalu sulit atau terlalu mudah karena bisa tidak optimal dalam meningkatkan kemampuanmu. Pilihlah kanal yang memberikan materi yang menarik, mudah dipahami, dan sesuai dengan minatmu karena akan memotivasi untuk terus belajar.

2. Tonton Video dengan Teliti dan Serius


belajar bahasa inggris dari youtube indonesia

Menonton video Bahasa Inggris di YouTube membutuhkan keseriusan dan ketelitian dalam memperhatikan setiap kata dan kalimat. Jika kamu menonton video hanya untuk hiburan semata, maka kamu tidak akan efektif dalam belajar dan akan lupa dalam waktu yang cepat. Cobalah untuk menonton video dengan fokus dan teliti.

Jika kamu menemukan kata yang belum kamu ketahui artinya, coba cari artinya di kamus atau bertanya kepada teman atau guru Bahasa Inggrismu. Jangan lupa mencatat kata-kata yang baru kamu ketahui untuk meningkatkan kosa kata Bahasa Inggrismu.

3. Gunakan Fitur Subtitle dan Closed Caption


subtitle youtube bahasa inggris

Fitur subtitle dan closed caption bisa menjadi solusi efektif dalam belajar Bahasa Inggris dari YouTube. Subtitle atau teks dalam Bahasa Inggris yang digunakan pada video YouTube akan membantumu memperbaiki kemampuan mendengarkan dan membaca.

Dalam belajar Bahasa Inggris, tidak hanya perlu fokus pada kemampuan berbicara, mengatakan kata-kata atau frasa secara benar, namun dalam belajar Bahasa Inggris perlu mengasah kemampuan mendengarkan. Dengan menggunakan fitur subtitle, kamu bisa mempelajari Bahasa Inggris secara menyeluruh mulai dari cara pengucapan, intonasi, dan bagaimana kata-kata itu digunakan dalam percakapan.

Jika kamu sudah mulai terbiasa dengan subtitle, coba beberapa kali menonton video tanpa subtitle dan cek pemahamanmu terhadap video tersebut.

4. Praktikkan dan Berlatih


belajar bahasa inggris dari video youtube indonesia

Melalui YouTube, kamu bisa mempelajari banyak hal tentang Bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu harus mempraktikkan langsung apa yang sudah kamu pelajari. Salah satu latihan yang bisa kamu lakukan adalah dengan merekam suaramu sendiri ketika kamu berbicara dalam Bahasa Inggris. Kamu bisa menonton video Bahasa Inggris terlebih dahulu, lalu coba berbicara dengan menggunakan konteks atau topik yang sama seperti di video tersebut.

Praktikkan juga kemampuan mengetik dengan menulis transkrip dari video Bahasa Inggris dan membaca kembali apa yang sudah kamu tulis. Meskipun kamu tidak sempurna dalam mengetik atau berbicara Bahasa Inggris, cukup berlatih dan mempraktikkan setiap hari akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu secara signifikan.

5. Teruslah Belajar dan Jangan Pernah Menyerah


youtube belajar bahasa inggris terbaik

Bahasa Inggris tidak akan bisa dikuasai dalam waktu singkat dan mudah. Namun, teruslah belajar dan jangan pernah menyerah. Kamu bisa menggunakan YouTube sebagai salah satu media belajar yang efektif dan menarik. Belajarlah dengan cara yang menyenangkan agar kamu tidak cepat merasa bosan dan mudah menyerah dalam belajar.

Cobalah untuk mencari teman belajar atau bergabung dengan kelompok belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu temukan di Instagram atau Facebook. Teman belajar akan memberikanmu motivasi selama proses belajar dan membuatmu semangat untuk terus belajar. Dengan konsisten dalam belajar dan mengikuti tiga langkah di atas, pasti kamu akan bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu suatu saat nanti.

Bagaimana Memilih Video di YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris


memilih video belajar bahasa inggris di youtube

YouTube adalah platform video terbesar di dunia. Terdapat ribuan video dengan berbagai bahasa yang tersedia di platform tersebut. Jadi, memilih video yang tepat untuk belajar bahasa Inggris dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih video belajar bahasa Inggris di YouTube.

  1. Pilihlah Channel Resmi dari Pembelajaran Bahasa Inggris
  2. Pembelajaran Bahasa Inggris

    Pilihlah channel resmi dari pembelajaran bahasa Inggris yang mempunyai sertifikat atau memiliki pengalaman terbukti dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris. Sebaiknya, pilihlah channel yang resmi dari institusi atau universitas yang dikenal dan memperoleh banyak review yang positif. Salah satu contoh dari pembelajaran bahasa Inggris yang terkenal di dunia adalah British Council.

  3. Pilihlah Video dengan Konteks yang Sesuai
  4. Konteks yang Sesuai

    Pilihlah video yang berkaitan dengan konteks yang kamu butuhkan, seperti video wawancara kerja, percakapan formal dan informal atau kosakata terkait dengan pekerjaan. Hal ini berguna untuk memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Inggris sesuai dengan situasi yang dihadapi sehari-hari, karena kamu akan lebih terkoneksi dengan konteks yang ada di dalam video.

  5. Perhatikan Durasi Video
  6. Durasi Video

    Perhatikan durasi video yang kamu akan tonton, jangan tergoda dengan video singkat yang berisi banyak kata-kata yang tidak jelas dan tidak fokus. Pilihlah video yang panjang dan terstruktur sehingga kamu dapat belajar bahasa Inggris secara menyeluruh.

  7. Beri Komentar dan Beri Rating pada Video yang Kamu Tonton
  8. Komentar dan Rating

    Kamu dapat memberikan komentar dan rating pada video yang kamu tonton, hal ini berguna untuk menambah pengalaman belajarmu dengan bahasa Inggris. Kamu dapat bertukar opini dengan orang lain melalui komentar yang ditinggalkan dan menambah pengetahuanmu dengan cara memahami berbagai jenis tanggapan yang ada.

Saat memilih video untuk belajar bahasa Inggris, kamu perlu memiliki tekad dan fokus dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, jangan lupa untuk menonton video secara teratur dan konsisten agar kamu dapat memperbaiki kemampuan bahasa Inggrismu.

Cara memanfaatkan fitur subtitle dan transkrip di YouTube untuk belajar Bahasa Inggris


youtube untuk belajar bahasa inggris

YouTube bisa menjadi sumber daya yang sangat berguna untuk mempelajari bahasa Inggris. Selain video-video lucu dan musik, YouTube dapat membantu Anda belajar kosakata baru, mendengarkan aksen yang berbeda, dan bahkan meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara bahasa Inggris Anda. Cara yang paling efektif untuk memanfaatkan platform ini adalah dengan memanfaatkan fitur subtitle atau subtitle terjemahan dan transkrip. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Subtitle atau subtitle terjemahan


Subtitle Pada Youtube

Fitur subtitle adalah alternatif efektif untuk memahami video YouTube dalam bahasa Inggris. Subtitle ditampilkan pada layar dan muncul bersamaan dengan ucapan atau bahasa yang digunakan oleh pembicara dalam video. Dalam beberapa video, subtitle tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga Anda tidak perlu repot mempelajari kosakata baru. Selain itu, Anda juga dapat melakukan terjemahan subtitle bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan menekan tombol yang ada di bawah bagian layar. Ini akan membuat belajar bahasa Inggris lebih mudah, praktis, dan menyenangkan.

2. Transkrip


Transkrip Pada Youtube

Fitur transkrip sangat membantu ketika Anda mempelajari bahasa Inggris. Fitur ini menampilkan dialog pembicaraan yang ada dalam video dan membantu Anda memahami penggunaan kata, terutama dalam konteks kalimat. Dalam fitur transkrip, Anda dapat melihat kata, frasa, dan kalimat yang digunakan dalam video dengan jelas. Ini akan membantu Anda membangun kosakata baru dan meningkatkan pemahaman Anda terhadap bahasa Inggris secara keseluruhan.

3. Manfaatkan Teks-crawl


Teks-crawl Pada Youtube

Teks-crawl adalah fitur yang muncul saat Anda menonton video di YouTube. Fitur ini digunakan untuk menyajikan keterangan atau informasi tambahan tentang video. Terkadang, informasi tersebut akan ditampilkan dalam bahasa Inggris sehingga bisa membantu Anda mempelajari bahasa Inggris dengan cepat. Dalam beberapa video, teks-crawl digunakan untuk menampilkan kata dan frasa pangkalan yang sangat berguna ketika sedang mempelajari bahasa Inggris.

4. Gunakan opsi terjemahan otomatis untuk subtitle


Opsi terjemahan otomatis Pada subtitle youtube

Jika subtitle bahasa inggris atau Indonesia yang tampil pada layar tidak cukup bagus kualitasnya, cobalah menggunakan opsi terjemahan otomatis yang dapat ditemukan di pengaturan YouTube. Fitur ini digunakan untuk menerjemahkan subtitle ke bahasa target Anda secara otomatis. Ini akan membantu Anda lebih memahami apa yang sedang diucapkan pembicara dalam video.

5. Membuat daftar pembelajaran


Membuat daftar pembelajaran pada Youtube

Sekalipun sudah tahu bagaimana cara memanfaatkan fitur subtitle dan transkrip di YouTube untuk belajar bahasa Inggris, Anda masih perlu metode lain untuk memaksimalkan pembelajaran Anda. Salah satu metode yang efektif adalah dengan membuat daftar video pembelajaran yang telah Anda tonton dan menandai waktu pada setiap video yang paling Anda sukai. Anda dapat menonton kembali video tersebut beberapa kali atau menyimpannya sebagai referensi untuk belajar bahasa Inggris lainnya. Dengan membuat daftar peninjauan, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan kapasitas yang paling maksimal dari penggunaan fitur subtitle dan transkrip di YouTube.

YouTube bisa menjadi sumber daya yang sangat berguna bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa Inggris. Dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti subtitle atau terjemahan, transkrip, dan teks-crawl, serta dengan menciptakan daftar pembelajaran yang bagus, maka Anda akan menemukan bahwa belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selamat belajar!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *