Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Saat Daftar Beasiswa Jika Tidak Mau Gagal!

Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Saat Daftar Beasiswa Jika Tidak Mau Gagal!

2046
SHARE
ESTHER'S BLOG
Loading...

Bagi kamu yang berstatus sebagai pemburu beasiswa baik yang baru memulai atau yang sudah mencoba berualang kali tapi tetap gagal. Apa sih yang membuatmu gagal? Coba untuk intropeksi atau mencari kesalahan sebelumnya bagi yang sudah pernah gagal dan jika kamu yang sedang mencoba koreksilah semua yang dijadikan persyaratan. Sebagai pemburu besiswa sering menganggap sepele mengenai persyaratan yang ditentukan dalam beasiswa. Perlu diingat bahwa jumlah beasiswa yang sedikit dan tak seimbang dengan jumlah mahasiswa yang teramat banyak, pastinya peluang mendapatkan beasiswa semakin sulit.

Jangan pantang menyerah karena bukan berarti kita tak mempunyai kesempatan, karena rezeki itu harus dijemput, sama halnya dengan keinginan mendapat beasiswa. Nah, supaya peluang mendapatkan beasiswa semakin besar, jangan pernah sepelekan 5 hal ini?

  1. Kamu kurang rajin mencari peluang beasiswa

Sebagai pemburu beasiswa harus selalu update tentang jadwal pendaftaran beasiswa dan ingat batas akhir pendaftaran, jangan sampai kamu melewatkannya begitu saja. Mencari beasiswa gampang-gampang susah karena kita harus menyesuaikan dengan keinginan dan fasilitas-fasilitas yang didapatkan pada beasiswa. Walaupun semakin tahun kuota beasiswa semakin banyak namun pelamar juga semakin meningkat.

Jangan ragu untuk selalu mencari dan rajin-rajin membuka info di website, Facebook, Instagram dan sebagainya. Jika sudah menemukan apa pilihanmu maka kemudian coba peluang beasiswa tersebut dan pahami semua yang menjadi persyaratan.

  1. Kamu tak jeli melihat peluang

Kamu tak jeli melihat peluang adalah kurang mampu mencocokan kemampuan dan kualifikasi beasiswa yang tertera di persyaratan. Jika kamu merupakan mahasiswa S2, maka carilah beasiswa untuk S2 misalnya atau mungkin kalau kamu aktif dalam berorganisasi maka carilah beasiswa leadership yang memang sesuai dengan kemampuanmu. Lihatlah potensi yang ada di dirimu atau beasiswa apa yang menurut kamu cocok.

  1. Kamu menyepelekan dokumen yang harus diurus

Hal ini terkadang membuat rumit karene banyaknya dokumen-dokumen yang banyak yang akhirnya dapat membuat kita malas mengurusnya hingga diakhir batas pelengkapan. Tapi seharusnya kalau kamu memang serius dan memiliki tekad kuat dalam memburu beasiswa, kamu juga harus serius dalam segala hal termasuk melengkapi dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan. Kalau kita tidak bergerak secepatnya untuk melengkapinya, bagaimana kita bisa lolos beasiswa?

  1. Kamu kurang memiliki pengalaman organisasi
Loading...

Cobalah untuk mempercantik CV dengan pengalaman organisasi karena pada beberapa beasiswa tak hanya melihat dari segi akademis saja. Bahkan ada beberapa beasiswa yang melihat tentang leadership dan soft skill kita. Nah, mulai detik ini cobalah untuk melengkapi itu dan membuat CV yang bagus untuk kelancaran beasiswamu.

  1. Kamu gugup saat wawancara

Cara terakhir, berusahalah tetap tenang dan jangan gugup saat wawancara penerimaan beasiswa. Karena sikap percaya diri dan tenang akan membuat peluang beasiswa semakin terbuka lebar. Usahakan bahwa kamu terlihat percaya diri dan mampu meyakinkan pewawancara.

Namun jika hasil yang kamu dapat masih belum sesuai harapan, jangan bersedih dan galau. Tetaplah semangat karena masih banyak beasiswa lain yang berpeluang untuk kamu dapatkan. Jika gagal maka cobalah lagi, lagi dan lagi.  Tanamkan prinsip pantang menyerah dalam memburu beasiswa, ingatlah 5 hal di atas sambil tetap berdoa ya guys. Semangat mencoba!

Source: https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/5-hal-ini-sering-disepelekan-para-pemburu-beasiswa-c1c2/full

Loading...

LEAVE A REPLY