TANYA JAWAB STRATEGI BEASISWA & IELTS LISTENING 2018

TANYA JAWAB STRATEGI BEASISWA & IELTS LISTENING 2018

231
SHARE
Ground Report

1. Amanda, Jakarta, Kak jelaskan jenis-jenis soal IELTS LISTENING
maksudnya gimana ya? kalo untuk penjelasan sudah ada di buku hal-8 dan 9. Kalo untuk tips, rata2 hampir sama untuk semua jenis soal, ketika ada waktu di awal, ushakan tandai keyword soal listening, yang nanti akan jadi cue untuk siap dengan materi listeningnya.

coba tandai keyword sebelum soal yg perlu djawab, jadi ketika keywordnya disebut dalam listening (bisa paraphrase dari keyword itu), kita sudah siap menunggu jawaban yg tepat.

2. Rizki, Solo, Kak apa strategi kaka latihan LISTENING dalam aktivitas sehari-hari.

Kalau dalam sehari2 saya dulu lihat2 video di youtube sih, lihat aja video2 yg tentang reality show dsb yg dalam bahasa inggris. bisa juga coba2 dengar contoh soal listening dari youtube

3. Meri, ada rekomendasi buku artikel atau novel yang bagus untuk bacaan dlm mengimprov skill bahasa inggris kita?

banyak sih, tp untuk buku yg saya lagi baca sekarang bukunya adam kay, ‘this is going to hurt’. sebenerny tergantung lagi kalo untuk bacaan tertariknya ke genre apa. Kalau untuk artikel, saya saranin baca the new yorkers, bisa cek di google. artikel2 ny bagus, dan cara penulisannya keren. bisa untuk latihan. trus ad free membership per bulan, jadi ad bbrp artikel yg bs dibaca tnpa perlu berlangganan.

4. Yulvia, untuk bljr listening, knp nonton film2 bhs inggris itu sulit dimengerti sedang daily conversation kalau searching2 di Youtube agak mudah dipahami

karena dalam film konteksnya lebih panjang, dan perlu konsentrasi, belum lagi ada efek2 backsound dsb. Saya juga dulu merasa sulit untuk paham apa yg diomongin dalam film tnpa subtitle, tapi lama2 terbiasa… kalo mau bisa mulai dr coba2 nonton serial tv yg lebih pendek durasinya.

5. Fela, untuk listening saya kesulitan ketika disebutkan nama street, bagaimana triknya? Apa harus menghafal nama- nama jalan di inggris?

kalo nama jalan berarti pengejaan kan?

https://www.dropbox.com/sh/4oe0q1cbzf7bfd6/AADIIVz22ojQTtib6lJnDwAua?dl=0

itu link buku untuk latihan soal2 ielts, liat aja di bagian spelling dan silahkan coba sendiri. saran saya banyak latihan, sehingga lebih terbiasa

6. Zenit, Jateng, pada bab strategi 1: mengenal aksen british, ada sub bab huruf+huruf vokal, di video blm ada contohnya, contohnya bisa dilihat dmn? Lalu bagaimana latihan listening sehingga kita paham apa yg dimaksud speaker?

itu maksudny adalah ketika berbicara, spasiny hilang diganti dngan huruf tersebut, sehingga terdengarnya misal we entered the house (jadi weyentert de haus). Sering2 dengar atau nonton film tentang daily activity, gk musti yg action film (bisa serial tv), karena kita biasa memahaminya dalam konteks. Jadi supaya paham yg dimaksud speaker msti tau dlu konteksnya apa… insya allah ini bisa, gak sulit kok

7. Latip, Mlg.. kak dimana kita mencari soal2 listening section 2, 3 atau 4 karna di dvd contohnya cm bentuk section 1..? Lalu u/ strategi 6: mendengarkan sebuah deskripsi pada dvd juga tdk ada audio listening dr nativenya.. apa emang cm langsung pembahasan kunci jawaban aja??

https://www.dropbox.com/sh/vqi16m9a4hod79c/AAD8eH1F4zxg6GS_MjgJm275a?dl=0

ini buku cambridge ielts 7, ada 4 full set tes dari pas ielts beserta kuncinya, silahkan dilatih dirumah. kalo mau juga bisa search di google, cambridge ielts download. ada banyak sumber yang bisa diunduh.

untuk latihan lebih jauh terkait bagian listening, bisa coba unduh link dropbox dari pertnyaan nmor 5

8. Kalis, Bisa minta link artikel b.inggris yg bagus.? https://www.newyorker.com/

9. Chairani, Batam, Untuk soal listening hal. 28; hal. 33; hal. 36 dan hal. 43, file audionya belum ada di DVD. Dan untuk soal reading hal. 82, soal No. 1 sya mnjawab decline dan kunci jawabanya adalah fall , apa perbedaan antara decline dan fall dalam kalimat tsb ?

yang audio, akan dijawab mas ade. untuk reading, ini pertnyaan yg agak sulit.. hehe…

Berdasarkan soal, yang dibutuhkan itu kan noun ya, tapi emang dua-duanya bisa dipake. jadi decline seharusnya juga bisa menjadi jawaban. karena ini tren dari turunnya harga.

DAFTAR PERTANYAAN BEASISWA

1. Indra, Semarang, Kak bagaimana cara menjawab pertanyaan sukses terbesarku setelah lulus S2? Poinnya apa aja Takutnya yg saya jawab berlebihan

Ini maksudnya unutk yang mau S3? kalo untuk lanjut S2, kemukakan aja rencana jangka pendek, 5 tahun kedepan, dan 10 tahun kedepan, yang akan jadi indikator sukses anda.

2. Untuk Surat rekomendasi apakah ada format khusus yg harus di patuhi dalam pembuatannya? Dan yg bener bikin surat rekomendasi yg gimana apa ada referensikah?

seharusnya gk ada format isi khusus, yang jelas kemukakakn aja kelebihan dari yang direkomendasikan, apa yang membuat dia cocok untuk beasiswa, dan pandangan si referee terhadap si yg direkomendasikan. Kalau untuk format in general, mungkin bisa lihat di google.

selain itu, kalo bisa ada kop institusi, mungkin lebih baik, biar terlihat lebih formal.

3. Poin apa saja yg harus disampaikan jika ada pertanyaan. “Apa kontribusi yang telah kamu lakukan”? saya udah jawab di minggu lalu, jadi saya kopas aja ya

– apa yang sudah kamu lakukan di masyarakat, apa manfaat hal itu, bagaimana hal itu membantu kamu jadi lebih baik

4. Apakah aktivitas organisasi dan sosial butuh bukti sertifikat?

tidak musti ada, apabila anda bisa dapat reference letter dari atasan organisasi dimana anda beraktivitas, seharusnya sudah cukup, tapi kalau memang ada bukti nya, silhakan lampirkan saja.

5. Bagaimana jika Jurusan S2 yang ingin dituju berbeda dengan S1, apakah LPDP memperbolehkan hal ini?

Setahu saya dulu bisa, selama anda bisa meyakinkan pewawancara atas pilihan anda

Poin alasan apa yg bisa bagus untuk  diceritakan?

kaitan dengan pekerjaan anda saat ini, kaitan dengan rencana anda kedepannya, kaitan antara jurusan s1 dan s2 yang meskipun berbeda bisa menguatkan dasar ilmu pengetahuan dan praktis anda

6. Bagaimana Kaka, menjaga semangat saat proses beasiswa?

Kebetulan saya pernah gagal sekali.

Langsung coba lagi!!! kalo ditunda2, malah keburu hilang semangatnya. Usahakan untuk review kemaren gagalnya apa, coba perbaiki lagi.

7. Kak, bisa sedikit ceritakan poin di Study Plan, poin apa saja yg harus ada, karena saya lihat contoh2 pada beda beda formatnya/ poinnya.

ya pasti beda, karena setiap orang kan poin rencana studi nya beda-beda…

kalau untuk format, mgkin tergantung beasiswanya. Kalau memang sudah disediakan formatnya, ikuti saja formatnya, kalau memang tidak ada, berarti format ny bebas.

kalau untuk poin2 nya, mgkin bisa refleksi dlu, rencana studi nya nanti apa2 aja yg mau dikerjakan, makul apa aja yg mau diambil, kenapa, penelitiannya (kalo ada) nanti mau bagaimana,

jelaskan secara singkat tapi rinci (maksudnya langsung ke poin, jangan muter2).

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.