WAJIB BACA! Program Au Pair Pertukaran Budaya Dan Tinggal di Eropa, Amerika...

WAJIB BACA! Program Au Pair Pertukaran Budaya Dan Tinggal di Eropa, Amerika & Australia

1255
SHARE

Sudah pernah dengar istilah Au  Pair? Istilah Au Pair masih awam bagi telinga orang Indonesia namun program ini telah lama berjalan di luar negeri, umumnya ada di negar-negara maju. Dalam bahasa Perancis istilah Au Pair adalah “on a pair” atau equal atau sejajar atau bisa juga diartikan sebagai balas jasa.

Apa itu Program Au Pair?

Program Au Pair adalah suatu program pertukaran budaya selama 1-2 tahun dimana peserta Au Pair akan tinggal bersama sebuah keluarga  yang ditawarkan oleh beberapa yayasan dan beasiswa di Indonesia. Selama program Au Pair kita bisa mencari uang dari keluarga tersebut dengan membantu mereka mengurus anak, bersih-bersih, atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Ikut program ini bisa menjadi orang yang sangat beruntung atau bahkan tidak beruntung. Semua itu tergantung dengan siapa kita tinggal.

Mendaftar Au Pair

Progam Au Pair diperuntukan bagi laki-laki atau perempuan yang berusia 18-30 tahun single dan belum mempunyai tanggungan anak. Yang paling penting adalah menguasai bahasa asing minimal bahasa inggris dan tidak memiliki catatan kriminal. Meskipun demikian setiap Negara yang membuka program Au Pair memiliki syarat batas umur yang berbeda-beda seperti berikut;

  1. Turki (18-31 tahun)
  2. Afrika selatan (18-24 tahun)
  3. Austria (18-28 tahun)
  4. Belgia (18-26 tahun)
  5. Britania Raya (17-27 tahun)
  6. China (18-29 tahun)
  7. Denmark (17-29 tahun)
  8. Finlandia (17-30 tahun)
  9. Irlandia (18-27 tahun)
  10. Italia (18-30 tahun)
  11. Norwegia (18-30 tahun)
  12. Perancis (18-28 tahun)
  13. Selandia baru (18-30 tahun)
  14. Swedia (18-30 tahun)
  15. Swiss (18-30 tahun)
  16. Spanyol (18-27 tahun)

Gaji yang diterima juga berbeda di setiap Negara. Di Amerika kamu bisa mendapatkan 139.05 per minggu, Inggris 55 GBP per minggu, Belanda 340 Euro per bulan. Jika kamu berminat kamu bisa mendaftar melalui situ www.aupairwold.nett. Atau mengunjungi agen Au Pair di Jakarta.

Kelebihan Ikut Program Au Pair

  1. Pergi Ke Luar Negeri Gratis

Biasanya host family ( keluarga yang akan kita tinggali) akan membiayai tiket pesawat, biaya makan, asuransi kesehatan, tiket transportasi dalam kota. Bisa dibilang kita bisa pergi ke luar negeri gratis sambil menimba ilmu dan pengalaman di Negara orang.

 

  1. Belajar Bahasa dan Budaya Setempat

Dengan ikut Au Pair kita tak hanya akan memperoleh pengalaman baru tetapi juga bisa belajar bahasa dan budaya asing langsung dari Negara asalnya. Mau tidak mau kita harus bicara, mendengar dan melihat acara TV dengan bahasa lokal jadi secara tidak langsung kita akan belajar dan fasih bahasa mereka. Tak jarang host family mau membiayai kursus bahasa untuk peserta Au Pair Lho.

 

  1. Bisa jalan-jalan ke luar negeri sekaligus Berpenghasilan

Bekerja sebagai Au Pair tidak selamanya buruk, biar bagaimanapun kita bisa mendapatkan uang saku tiap minggu atau tiap bulan. Selain bisa digunakan untuk jalan-jalan kamu juga bisa studi lanjut jika Host Family kamu mengijinkan.

 

  1. Mandiri

Jauh dari keluarga akan bisa membuat kita lebih mandiri dan bertanggungjawab.

Kelemahan Ikut Program Au Pair

  1. Kesepian

Rasa kesepian pasti melanda baik di awal kedatangan atau mungkin bulan-bulan keenam dan seterusnya. Selain dikarenakan jauh dari keluarga, sahabat dan kerabat bisa juga dikarenakan sulitnya mencari teman akrab di luar negeri. Pada umumnya orang luar negeri individualis.

 

  1. Tak Selamanya Host Family Memperlakukan Kita Seperti Keluarga

Jika kita tidak beruntung kita bisa juga mendapatkan host family yang kurang mempunyai rasa kekeluargaan. Sepertihalnya kita dibayar untuk melakukan pekerjaan tertentu jadi sepertihalnya pembantu.

 

  1. Bersiap Menghadapi peraturan Baru

Tinggal di rumah orang di luar negeri pula tentunya aka nada peraturan baru yang pastinya berbeda dengan budaya kita di Indonesia. Untuk itulah kita harus bisa beradaptasi dengan gaya hidup host family bahkan peralatan rumah tangga dirumahnya. Karena tak selamanya peraturan di rumah host family mengenakan kita.

Nah bagaimana kamu memandang program Au Pair? Seru atau justru tidak menyenangkan? Semua itu ada plus minusnya dan tergantung cara pandang kita memaknai Au Pair. (Pu)

Referensi :

http://www.berkuliah.com/2014/11/apa-itu-program-au-pair.html

https://art-och-lingua.blogspot.co.id/2014/07/masih-berniat-jadi-aupair.html

 

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.