7 Tips Memilih Jurusan di Kampus Agar Tidak Salah Jurusan

7 Tips Memilih Jurusan di Kampus Agar Tidak Salah Jurusan

769
SHARE
i0.wp.com
Loading...

Pernah dilanda galau karena memikirkan jurusan yang harus dipilih untuk melanjutkan kuliah? Diperlukan setidaknya pertimbangan dan riset yang cukup mendalam untuk menentukan apakah jurusan pada kampus yang kamu pilih nantinya sudah benar-benar tepat sasaran atau belum.

Memang benar, kampus tertentu memiliki nama besar dan terkenal di kotanya, tetapi belum tentu jurusan yang kamu pilih pada kampus tersebut juga memiliki reputasi yang baik. Oleh karena itu, sangat penting sekali melakukan riset kecil-kecilan mengenai jurusan yang kamu pilih sebelum mendaftar kuliah, bisa melalui internet, menanyakan pada alumni, atau mengunjungi website jurusan dari kampus tersebut. Lalu bagaimana kamu tahu kalau jurusan di kampus tujuan sudah benar-benar tepat untuk dipilih? Berikut ulasannya.

7 Tanda Jurusan di Kampus yang Anda Pilih Sudah Tepat

1. Kampus anda menawarkan bidang yang ingin kamu pelajari secara khusus

Pertama coba lakukan pencarian di internet apakah kampus yang akan kamu tuju memiliki jurusan yang ingin kamu kuasai secara spesifik atau tidak. Kemudian lakukan perbandingan antara jurusan di kampus satu dengan yang lainnya, seperti berapa banyak profesor yang ada pada bidang tersebut, dan sebagainya. Selain itu, pastikan juga fakultas atau jurusan yang kamu tuju memiliki fasilitas dan sumber daya mumpuni yang dapat mendukung keinginan kamu dalam mendalami bidang tersebut.

2. Reputasi jurusan yang ingin dituju

Loading...

Seperti yang telah dibahas di atas, belum tentu suatu universitas yang masuk dalam ranking 50 besar dunia juga memiliki jurusan yang masuk dalam ranking 50 besar dunia. Misalnya: ingin menekuni bidang Arsitektur pada salah satu universitas di Asia. Nah, kamu bisa mulai mencari di internet, peringkat tertinggi jurusan Arsitektur di regional Asia terdapat di universitas mana. Dari hasil pencarian, ternyata didapatkan bahwa jurusan Arsitektur terbaik di Asia terdapat di National University of Singapore (NUS) (berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2017). Dari hasil pencarian tersebut, tinggal bagaimana kamu menggali informasi lebih dalam dari website jurusan, informasi dari alumni-alumninya, dan sebagainya.

Pertimbangan mengenai reputasi jurusan cukup penting karena nantinya akan berpengaruh pada saat kamu mencari pekerjaan (proyek) atau menduduki suatu jabatan tertentu di dalam suatu perusahaan. Oleh sebab itu pastikan tempat pendidikan kamu memiliki reputasi atau akreditasi yang bagus.

3. Jurusan di kampus tujuan memiliki hubungan yang erat antara inovasi dan dunia kerja

Perguruan tinggi sudah seharusnya memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan jurusan yang tersedia. Kelebihan ini akan memperbesar kemungkinan kamu untuk mendapatkan pekerjaan nantinya setelah lulus atau setidaknya membantu kamu memahami bagaimana pengetahuan dan keahlian kamu dapat digunakan saat memasuki marketplace yang sebenarnya. Selain itu, hal ini tentu dapat membantu kamu untuk melakukan penelitan saat diperlukan.

4. Jurusan di kampus tujuan tidak melulu mengajarkan teori

Dimana kamu ingin berkarir nantinya setelah lulus? Apakah masuk pada bidang akademik atau berkarir profesional? Apapun itu pastikan kurikulum yang ingin kamu masuki memiliki porsi praktek yang cukup. Sangat rugi sekali kalau kamu sebagai mahasiswa hanya mengenal teori saja tanpa adanya praktek. Lebih penting lagi kalau praktek dan teori yang diajarkan seimbang dan bisa melengkapi kamu untuk siap dan masuk ke dalam dunia kerja.

5. Kualitas fasilitas yang ada di tempat pendidikan anda

Apakah fasilitas yang disediakan memiliki kualitas yang baik dan tidak ketinggalan jaman? Seberapa banyak penelitian yang dilakukan oleh fakultas anda? Apakah penelitian yang dilakukan telah masuk level internasional? Setidaknya tempat studi tersebut dapat menyediakan fasilitas dan sumberdaya terbaik supaya para mahasiswanya dapat meraih potensi maksimal dalam bidang tersebut.

6. Adanya kesempatan untuk magang di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri

Kebanyakan perguruan tinggi sekarang sudah banyak menyediakan job placement center untuk memberikan informasi mengenai lowongan kerja dan magang. Tetapi apakah hal tersebut bisa membantu kamu mendapatkan kesempatan magang atau internship di suatu perusahaan atau instansi tertentu? Selain itu apakah kesempatan magang tersebut dapat meningkatkan pengalaman kamu? Kalau terus jadi tukang membuatkan kopi, tentunya hal itu bukanlah goal dari magang.

7. Lulus bukan seperti orang yang banyak hutang pada kampus

Biaya pendidikan memang sangat tinggi dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, pastikan apakah perguruan tinggi yang ingin kamu tuju menawarkan bantuan keuangan atau tidak, baik menggunakan jalur beasiswa atau jalur lainnya.

Loading...

LEAVE A REPLY