Sekilas Kehidupan Asrama di Korea

Sekilas Kehidupan Asrama di Korea

966
SHARE

Umumnya Universitas – Universitas di Korea Selatan menyediakan asrama mahasiswa. Kamar – kamar dalam asrama sudah terisi tempat tidur, meja belajar da lemari pakaian. Untuk fasilitas kamar mandi ada fasilitas kamar mandi dalam juga kamar mandi luar.

asrama 3
Kamar Asrama

Meskipun demikian, jika kamu kuliah di negeri ginseng ini dengan membawa keluarga, tidak banyak kampus yang menyediakan asrama bagi mahasiswa yang membawa serta keluarganya.  Sepengetahuan kami, baru SNU (Seoul National University) dan KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) yang menyediakannya. Jadi jika kamu ingin membawa keluarga disarankan untuk tinggal di luar  asrama.

peraturan asrama
Peraturan Dasar Asrama

Setiap asrama mempunyai peraturan dasar masing masing. Ada juga asrama yang menempatkan mahasiswa asing satu kamar dengan mahasiswa Korea untuk mempercepat proses belajar. Beberapa diantaranya ada yang cocok ada juga yang minta untuk ganti kamar karena perbedaan budaya yang mencolok.

Setiap sudut asrama pun dilengkapi dengan CCTV jadi jangan harap bisa menyelinap di asrama lawan jenis karena akan ada patrol dari petugas asrama. Uniknya beberapa asrama menerapkan jam malam. Dimana akan ada pemeriksaan setiap pukul 23.30 malam untuk memastikan semua penghuni asrama sudah berada di dalam asrama. Bagi mahasiswa yang pergi tanpa ijin dan melewatkan panggilan selama 3 kali akan diberikan peringatan. Selain itu, pintu utama asrama akan terkunci otomatis pada pukul 24.00. meskipun masing – masing orang mempunyai kunci elektrik kunci tersebut tidak akan berfungsi dan asrama tidak akan terbuka di atas pukul 24.00.

makanan asrama
Makanan Asrama

Untuk masalah makan, umumnya asrama menyediakan makan 10 kali per minggu atau 2 kali sehari (pagi dan malam) selama 5 hari. Makan siang tidak diberikan karena pada umumnya siang semua penghuni asrama sedang beraktifitas di luar. Menu makannya pun beraneka ragam tak hanya makanan korea terkadang mereka juga menyediakan western food seperti burger. Bagi muslim, petugas asrama akan mengganti daging babi dengan daging ayam, octopus (gurita), cumi-cumi dan juga ikan. Mereka pun akan mengambilkan daging tersebut dari tempat yang berbeda dengan makanan non muslim.

Nah, kalau kamu hidup di asrama dan terbiasa makan makanan dengan rempah – rempah seperti di Indonesia, kamu harus mempersiapkan lidah untuk makan masakan korea seperti kimchi, asinan dan olahan sayur lainnya yang rasanya kadang terasa aneh bagi lidah orang Indonesia.

Bagaimana kalau sabtu-minggu? Setiap weekend tidak ada makanan di asrama. Jadi harus membeli makanan dari luar. Pihak asrama biasanya juga menyediakan microwave untuk menghangatkan makanan. Semua penghuni asrama bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Jangan heran, jika harga makanan – makanan di Korea lumayan menguras kantong jika harga tersebut dirupiahkan.

nasi instan
Nasi Instan Korea

Seperti nasi instan, nasi ini bisa langsung dimakan dengan dihangatkan terlebih dahulu selama 2 menit di microwave harganya 1000 won per pack atau Rp 10.000. Selain banyak makanan di korea serba instan dan mengandung babi jadi harus tetap berhati – hati jika kamu muslim dan akan membeli makanan tersebut. Beberapa makanan instan korea, meskipun judulnya daging ayam menurut orang korea, pembuatan makanan tersebut juga dicampur dengan daging babi.

Itulah sekilas kehidupan asrama di Korea. Jadi kalau kamu akan tinggal di asrama korea persiapkan diri sebaik mungkin. Jika kamu ragu makanan tersebut halal atau haram lebih baik memilih makanan yang pasti halal seperti yang terbuat dari sayur, buah, ikan atau tepung – tepungan. Bisa juga tanyakan pada teman korea kamu komposisi dari makanan tersebut. Semoga bermanfaat! (Pu)

Referensi :

http://funtastikorea.blogspot.co.id

http://thathia.blogspot.co.id

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.