Cara Memperoleh Visa Pelajar di Singapura WAJIB Kamu Ketahui

Cara Memperoleh Visa Pelajar di Singapura WAJIB Kamu Ketahui

1177
SHARE

Belajar di luar negeri memang menggiurkan tetapi banyak persyaratan kependudukan yang harus dipenuhi. Visa adalah salah satunya. Jika kamu ingin pergi ke Singapura sekedar untuk berkunjung atau berwisata kurang dari 1 bulan maka kamu tak harus mengurus visa. Namun, jika kamu akan tinggal di SIngapura dalam jangka waktu yang lama misalnya untuk kuliah atau bekerja kamu membutuhkan Visa.  Di Singapura sebutan visa bagi pelajar adalah Student pass. Bagi pelajar Internasional di SIngapura memiliki student pass adalah wajib kecuali kamu memiliki Dependent Pass (DP) atau Immigration Exemption Order (IEO).

Permohonan visa pelajar dapat dilakukan paling awal 2 bulan sebelum kuliah dan paling lambat 1 bulan sebelum kuliah. Sebelum membuat visa pelajar sebelumnya kamu harus membuat passport di kantor imigrasi di Indonesia. Jika kamu sudah mempunyai LoA (letter of acceptant) bawalah passport dan LoA kamu ke kedutaan Singapura di Indonesia di Jakarta bagian pendidikan. Kamu akan diminta mengisi formulir visa pelajar lalu kamu akan mendapatkan single entry visa yang berlaku selama 3 bulan untuk masuk Singapura.

Sesampainya di Singapura, kamu harus mengurus visa pelajar di bagian international student di kampus kamu. Pengajuan visa pelajar di Singapura dilakukan melalui Student’s Pass On-Line Application & Registration (SOLAR) system. Jadi bawalah passportmu ketika mengurus student visa di international student office. Biasanya international student office akan meminta informasi mengenai nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan kewarganegaraan yang sesuai dengan paspor, Informasi mengenai program kuliah, tanggal permulaan dan akhir program kuliah untuk membuat akun di SOLAR.

Setelah pihak international student office mendaftarkan akun kamu, kamu bisa mengakses situs SOLAR untuk mengisi e-form pengajuan Visa. Hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk mengisi form tersebut adalah sebagai berikut ;

  1. Pemberitahuan bahwa pendaftaran kamu telah diterima, beserta informasi login yang diberikan oleh International student office.
  2. Passpor
  3. NRIC/FIN orang tua, jika orang tua dari mahasiswa adalah warga negara Singapura, atau warga asing yang bekerja atau tinggal di Singapura.
  4. Alamat email Anda
  5. Alamat di Singapura dan rincian kontak (jika tidak ada, bisa diganti dengan alamat universitas)
  6. Satu pasfoto ukuran paspor (warna) terbaru untuk ditempelkan di kanan atas eForm. Pasfoto tersebut harus memnuhi persyaratan di bawah ini:
  7. Foto diambil 3 bulan terakhir
  8. Foto harus berwarna, dengan latar warna putih dengan finishing matt atau semi-matt
  9. Foto harus menunjukkan gambar muka jelas tanpa penutup kepala. (Jika penutup kepala yang digunakan karena alasan religius bisa diterima, akan tetapi tidak diperkenankan untuk menutupi fitur wajah)

Selanjutnya kamu akan dikenakan biaya pemrosesan dan pengeluaran Visa sekitar S$100-S$130. Lalu jadi deh Visa pelajar kamu. Kamu sudah bisa menjadi international student yang legal. (Pu)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.