4 Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

4 Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

3455
SHARE
blogsukawu
Loading...

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri.

Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan Beasiswa Luar Negeri. Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

Beberapa cara untuk mencari informasi mengenai beasiswa adalah:

Bertanya pada orang terdekat

Orang-orang terdekat adalah sumber informasi yang paling mudah didapat dan bisa dipercaya. Tanyakan informasi dari teman, saudara, rekan kerja atau kenalan yang pernah kuliah di luar negeri lewat jalur beasiswa.

Banyak mahasiswa S2 asal Indonesia mendapatkan informasi dari teman satu almamater, bahkan hingga membentuk perkumpulan sendiri.

Loading...

Info beasiswa dari sumber ini akan sangat memudahkan karena biasanya info yang didapat cukup detil. Misalnya, Anda akan diberikan info tentang kampus hingga biaya hidup dan tempat tinggal di negara pemberi beasiswa.

Lebih menguntungkan lagi kalau pemberi info pernah mendapatkan beasiswa yang sama dengan beasiswa yang Anda harapkan. Kalaupun tidak, Anda sudah mendapatkan gambaran prosedur apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapat beasiswa yang diinginkan.

Kunjungi situs universitas

Umumnya universitas di luar negeri memiliki situs yang berisi informasi lengkap, termasuk informasi mengenai beasiswa yang mereka sediakan. Hampir seluruh universitas di luar negeri memberikan bantuan beasiswa. Informasi mengenai beasiswa biasanya ditaruh pada bagian admission (pendaftaran) atau pada bagian khusus beasiswa.

Kunjungi situs lembaga pemberi beasiswa

Cara yang satu ini bisa digunakan kalau Anda sudah tahu lembaga apa saja yang memberikan beasiswa atau jenis beasiswa yang Anda incar, misalnya beasiswa Fullbright, Erasmus Mundus atau beasiswa dari pemerintah negara asing.

Mencari profesor/pembimbing

Meski sebuah universitas tidak memberikan beasiswa tapi bila ada fasilitas laboratorium di universitas tersebut maka kemungkinan besar Anda bisa mengajukan beasiswa pascasarjana jenjang S2 atau S3.

Universitas di luar negeri umumnya independen dan memiliki dana sendiri untuk keperluan riset dan penelitian. Coba cari informasi mengenai profesor yang sesuai dengan bidang atau minat Anda. Info ini bisa didapat melalui situs universitas, cari alamat email professor yang bidangnya sesuai dengan yang Anda cari dan lakukan kontak melalui email.

Mencari info mengenai beasiswa sebenarnya tidak sulit asalkan mau bertanya kanan kiri dan rajin mencari info, terutama menggunakan media internet.

Selamat mencari!

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY