Pengertian Istilah Jasa Penerjemah Tersumpah dan Tips Memilih dan Menggunakanya

Pengertian Istilah Jasa Penerjemah Tersumpah dan Tips Memilih dan Menggunakanya

582
SHARE
EurActiv.com

Saat kamu mencari informasi mengenail pendaftaran beasiswa ke luar negeri, sudah barang tentu banyak sekali persyaratan dan beberapa hal yang harus kamu lakukan, terutama pada pemberkasan, dokumen berupa Ijasah Asli dan transkrip nilai yang biasanya harus ditulis menggunakan bahasa yang digunakan di negara tersebut, dan disinialh kegunaan dari jasa penerjemah tersumpah.

Dengan menggunakan jasa Ini maka dokumen aslia seperti ijasah dan transkrip nilai akan diterjemahkan kedalam bahasa asing yang anda minta, dan antinya berkas dokumen terjemahan tersebut, menjadi bahan lampiran ketika melakukan pendaftara ke perguruan tinggi yang kamu tuju.

Mencari Jasa Penerjemah Tersumpah?

Buku

Selain menuju outlet atau tempatnya langsung, kamu bisa mencari jasa penerjemah tersumpah melalui online atau internet, banyak dar jasa penerjemah tersumpah memiliki medsos yang memudahkan orang untuk mencari.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan harus kamu perhatikan sebelum memilih jasa penerjemah tersumpah, diantaranya tingkat keabsahan jasa penerjemah, apakah penyedia jasa penerjemah tersumpah tersebut resmi atau tidak, apakah memiliki alamat kantor yang nyata, dan beberapa keabsahan lain seperti nomor telefon kantor atau fax yang biasanya mencirikan keabsahan sebuah lembaga.

Saat kamu menelsuri website nya, perhatikanlah jika penyelenggara jasa penerjemah tersumpah yang sudah teruji dan resmi biasanya menampilkan peta lokasi kantor mereka(foto dsb) serta beberapa testimonial dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa mereka.

Setelah kamu yakin dan menghubungi sang penyelenggara jasa, kamu juga harus menanyakan berapa lama durasi atau waktu yang dibutuhkan serta bagaimana sistematika da prosedur pembayaran sampai pengiria dokumen jadi atau beberapa pertanyaan lain yang menurut anda penting, Format dari dokumen yang diminta biasanya akan dikemas kedalam file PDF, dan sbelumnya kamu harus Scan terlebih dahulu dokumen tersebut sebelum nantinya di convert menjadi PDF

Nantinya file tersebut akan dikirimkan ke fax atau email sesuai dengan prosedur yang ada, dan kemudian dari pihak asa penerjemah akan menghubungi kamu mengenai biaya jasa dan berapa durasi kerja yang dibutuhkan.

Tips Menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah

  1. Pastikanlah bahwa berkas dari  dokumen yang diminta oleh pihak penyelenggara beasiswa cukup menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah saja atau harus di legalisasi ke Kedutaan Besar, Kementrian dan HAM, atau Notaris.
  2. Pastikan  juga dokumen yang di minta oleh pihak penyelenggara beasiswa adalah softcopy atau hardcopy. Apabila merupakan hardcopy maka Anda harus meminta Jasa Penerjemah Tersumpah untuk mengirim atau mengantarkan hardcopy dokumen atau berkas ke rumah Anda. Sebagai antisipasi saja, apabila durasi pengajuan beasiswa masih lama, Anda bisa meminta hardcopy langsung ke Jasa Penerjemah Tersumpah.

Biaya Jasa Penerjemah Tersumpah

Tarif atau biaya yang harus kamu keluarkan relatif dan tergantung dari penyeleggara jasa, tetapi biasanya kisaran untuk terjemaha dari Indonesia Ke Bahasa Inggris Rata-rata jasa penerjemah tersumpah memasang tarif antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 80.000,- per halaman, untuk bahasa selain bahasa Inggris memiliki tariff yang beragam, biasanya bahasa lain selain bahasa inggris memiliki tariff yang lebih mahal

Dan satu lagi yang harus kamu perhatikan adalah, terkadang berkas dokumen tidak hanya butuh dari jasa penerjemah tersumpah saja, tetai ada beberapa kasus yang meminta legalisasi dari pihak kementrian atau yang memiliki kewenangan sesuai yang diminta oleh penyelenggara beasiswa, seperti kementrian pendidikan hingga kedutaan besar, dan tentunya ada tambahan biaya yang dibutuhkan, dan tentunya biaya nya tidak sedikit.

Kisaran Biaya untuk legalisasi dokumen

  1. Kementrian Hukum dan HAM, Kementrian Luar Negeri akan di kenakan biaya Rp. 350.000,- per dokumen
  2. Notaris akan di kenakan biaya Rp. 150.000,- sampai dengan Rp. 200.000,- per dokumen
  3. Kedutaan Besar akan di kenakan biaya Rp 300.000,- sampai dengan Rp. 900.000,- per dokumen. Tergantung negaranya.
  • Singapura dan Malaysia Rp 300.000,-
  • Prancis Rp 450.000,-
  • Jerman Rp 500.000,-
  • Belanda Rp 700.000,-
  • Arab Saudi Rp 750.000,-
  • Austria Rp 900.000,-

Salah satu tips untuk menghemat dana adalah dengan kita mengajukan legalisasi sendiri kepada pihak yang dibutuhkan untuk legalisasi, jadi kita datang sendiri ke pihak kementrian atau duta besar untuk proses pengajuan legalisasi.

Daftar Kontak Jasa Penerjemah Tersumpah

Agar lebih mudah mencari, dilansir malalui GoBeasiswa.com yang sudah menyediakan kontak  yang telah tercatat pada banyak Kedutaan Besar Asing di Jakarta. Berikut adalah daftarnya (untuk mengunjungi silahkan klik pada tulisan)

  1. Daftar Penerjemah Tersumpah Kedutaan Besar Amerika Serikat
  2. Daftar Penerjemah Tersumpah Kedutaan Besar Inggris
  3. Daftar Penerjemah Tersumpah Kedutaan Besar Jerman
  4. Daftar Penerjemah Tersumpah Kedutaan Besar Australia
  5. Daftar Penerjemah Tersumpah Kedutaan Besar Prancis

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.