Informasi seputar Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Kota Seoul, Korea Selatan

Informasi seputar Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Kota Seoul, Korea Selatan

851
SHARE
Hipwee.com

Belajar ke luar negeri tentu memerlukan banyak persiapan. Tak hanya persiapan fisik dan mental saja tapi juga masalah biaya. Ya, sering kali biaya menjadi pertimbangan paling penting bagi para mahasiswa internasional. Karena seperti yang kita tahu, uang tidak jatuh begitu saja dari langit. Maka mempersiapkan keuangan menjadi salah satu hal yang kamu perhatikan.

Banyak biaya yang perlu kamu persiapkan. Di antaranya adalah biaya hidup dan juga biaya pendidikan. Hal ini berlaku di manapun kamu kuliah nantinya. Termasuk bagi kamu yang akan melanjutkan pendidikan atau kuliah di kota Seoul, Korea Selatan. Nah, kira-kira biaya apa saja ya yang perlu kamu keluarkan ketika kuliah di Seoul ya? Berikut kami berikan sedikit gambarannya untukmu.

Pertama-tama mari kita hitung mengenai biaya hidup yang kamu keluarkan ketika menempuh pendidikan di Seoul, Korea Selatan. Ada banyak komponen biaya hidup yang perlu kamu keluarkan. Berikut komponen-komponen biayanya.

1. Akomodasi

Tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Begitu pula bagi kamu. Di manapun kamu berada akan membutuhkan tempat tinggal. Di Seoul sendiri, kamu bisa memilih berbagai akomodasi yang sesuai dengan budgetmu. Kamu bisa memilih untuk tinggal di asrama kampus atau menyewa rumah di luar kampus. Harganya pun bervariasi. Namun rata-rata biaya sewa di Seoul berkisar antara 500.000 – 1.000.000 Won.

2. Makan dan Minum

Hal yang sering menempati porsi besar dalam biaya hidup adalah biaya untuk makan dan minum. Meski menempati porsi yang besar, biaya ini adalah yang paling bisa ditekan. Semua bergantung pada gaya hidup yang kamu anut. Untuk perkiraan harga makanan di Seoul adalah seperti berikut ini. Biaya sekali makan di restoran Seoul berkisar antara 2.500 hingga 8.000 Won. Jika ingin sedikit berhemat kamu bisa makan makanan siap saji yang banyak dijual di minimarket. Harga makanan siap saji di minimarket mulai dari 1.000 hingga 2.000 Won. Ingin lebih murah lagi? Kamu bisa memasak makananmu sendiri. Tapi jika kamu tinggal di asrama kampus, biasanya makanan sudah tersedia 2-3 kali sehari. Itu karena di asrama kampus tidak diperbolehkan untuk memasak.

3. Membeli pakaian

Selain tempat tinggal dan makanan, nantinya kamu juga akan membutuhkan pakaian. Apalagi iklim di Korea dan Indonesia cukup berbeda. Kamu akan membeli pakaian menyesuaikan musim. Biasanya di beberapa universitas menyediakan toko untuk berbagai kebutuhan. Harga di toko ini cocok untuk kantong mahasiswa. Tapi jika kamu ingin berbelanja di luar kamu bisa menunggu musim sale.

4. Biaya transportasi

Sebagai mahasiswa, ada keuntungan yang kamu dapatkan yaitu diskon. Diskon ini bisa berlaku untuk banyak hal. Salah satunya adalah untuk transportasi. Untuk menghemat biaya, kamu bisa mengambil salah satu cara yang mudah yaitu menggunakan T-money. Cara ini cukup mudah dan murah karena ada berbagai paket yang ditawarkan. T-mobey bisa digunakan unuk transportasi subway dan juga bis lho! Kamu bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhanmu juga.

5. Biaya kesehatan

Biasanya, di Korea kamu disarankan untuk mempunyai asuransi kesehatan. Meski tidak wajib, ada baiknya kamu memiliki asurans kesehatan ketika kuliah di Korea. Ini sebagai tindakan preventif kalau-kalau kamu mengalami sakit saat berkuliah. Biaya kesehatan yang tentunya tidak murah bisa sedikit dihemat dengan menggunakan asuransi. Biasanya biaya asuransi yang harus kamu bayarkan sekitar 20.000 Won per bulan.

6. Tagihan berlangganan

Kamu akan menghabiskan beberapa hal setiap bulannya. Di antaranya adalah biaya telepon dan juga biaya internet. Biaya telepon dan internet ini bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

7. Biaya kebutuhan kuliah

Meski sudah membayarkan biaya pendidikan, namun pasti masih ada biaya lain yang kamu keluarkan untuk keperluan kuliah. Misalnya saja biaya untuk membeli buku, modul, dan lain sebagainya. Kamu perlu menganggarkan keperluan kuliahmu ini dengan menyesuaikan mata kuliah yang kamu ambil.

8. Pos untuk rekreasi

Kuliah di Korea tentu tidak menuntut kamu harus setiap hari belajar, bukan? Ada kalanya kamu perlu menghabiskan waktu untuk bersenang-senang atau rekreasi. Kamu bisa melakukan refreshing dengan cara menonton bioskop, berbelanja, atau sekedar piknik. Untuk biaya semacam ini kamu bisa menganggarkan biaya tersendiri.

Selain biaya hidup, kamu juga perlu mengeluarkan yang namanya biaya studi atau biaya pendidikan. Di Seoul, biaya studi yang kamu perlukan bisa dibilang tidak terlalu besar. Kira-kira berkisar pada angka 2.500.000 hingga 7.000.000 Won per semester. Jumlah yang perlu kamu bayarkan ini tergantung pada apa jurusan yang kamu ambil dan di universitas mana kamu berkuliah. Tidak terlalu mahal, bukan?

Itu tadi perkiraan biaya yang kamu keluarkan jika ingin berkuliah di Seoul ibukota Korea Selatan. Tidak terlalu banyak bukan? Nah, sekarang siapkan dirimu untuk bisa segera kuliah di sana ya!

Penulis: Resa adalah penulis yang tinggal di kota Yogyakarta. Saat ini ia sedang mempersiapkan studi masternya.

 

LEAVE A REPLY