Tekad dan Ketekunan mengantarakan Bambang Sumintono S2 di Australia dan S3 di...

Tekad dan Ketekunan mengantarakan Bambang Sumintono S2 di Australia dan S3 di New Zeland

1307
SHARE
Loading...

Perjalanan Bambang mendapatkan beasiswa di Australia berawal dari karirnya sebagai guru kimia di salah satu SMA di Nusa tenggara barat di awal tahun 1993. Saat itu ia telah lulus D3, ketika pulang ke kota kelahirannya ia menjumpai pameran pendidikan Australia di Hotel Saviy dan mendapatkan penjelasan bahwa terdapat beasiswa bagi warga Negara Indonesia yang berstatus PNS. Persyaratan yang diajukan kala itu lulusan S1 dengan IPK lebih dari 3, memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus dan berusia tidak lebih dari 35 tahun. Penjelasan itu memberinya secercah harapan untuk meraih S2 di negeri kangguru. Ia pun kemudian melanjutkan studi S1 di Universitas Terbuka (UT) di UPBJJ Mataram.

Untuk persiapan beasiswa ia pun mengikuti perkuliahan di UT dengan penuh perhitungan yakni meningkatkan IPK dengan memperbanyak nilai “A”. setiap kali ada nilai B ia selalu mengupgradenya sehingga ia baru lulus UT setelah 3,5 tahun. Padahal teman-temannya lulus UT setelah 2 tahun, karena tujuan mereka adalah untk penyetaraan atau kenaikan pangkat. Sedangkan tujuan Bambang adalah untuk mendapatklan beasiswa. Karena ia bukan guru bahasa inggris dan lokasi tempat kerjanya di kota kecil akses untuk belajar bahasa inggris sangat terbatas. Sedangkan kursus bahasa Inggris yang baik ada di Ibukota Provinsi dan tentu saja jaraknya jauh dan biaya mahal. Akhirnya ia belajar bahasa inggris dengan kamus dan banyak membaca.

Usahanya membuahkan hasil ia mendapat predikat lulusan terbaik jurusan dengan IPK 3.45 di UT dan memperoleh nilai TOEFL institusional 540. Bermodalkan IPK dan nilai TOEFL ini ia mulai menjadi pemburu beasiswa dengan mengontak kedutaan Australia. Uniknya jawaban dari keudataan tersebut adalah mengirimkannya form aplikasi beasiswa AusAID. Setelah mengisi formulir tersebut beberapa bulan selanjutnya ia dinyatakan lolos seleksi administratif, masuk shortlisted untuk menjalani tes IELTS dan wawancara. Setelah lewat bulan November 1998 ia tidak mendapat kabar dari pihak ADS tetapi 2 guru lain yang juga mengikuti seleksi mendapatkan surat yang menyatakan ucapan terima kasih telah mengikuti seleksi alias gagal. Akhirnya pada bulan Desember ia memberanikan diri menelepon pihak ADS dan ternyata ia masuk shortlisted dan harus melakukan test wawancara dan bahasa inggris di Denpasar, Bali. Pihak ADS menyatakan mereka telah mengirim surat undangan test tetapi surat tersebut kembali ke Jakarta karena alamatnya tidak terdeteksi. Karena test di Denpasar sudah tutup mereka menawarkan untuk tes di Jakarta atau melamar lagi tahun depan dan akan masuk prioritas shortlisted. Ia pun memilih tes di Jakarta dua hari kemudian.

Karena ia bekerja di Lombok Barat dan 2 hari lagi harus tes maka ia harus menggunakan peswat. Bermodalkan uang tabungan dan pinjaman uang ia membeli tiket pesawat ke Surabaya hari itu juga. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Bis dari Surabaya ke Bandung barulah esok harinya ia menuju Jakarta. Tes berlangsung cukup lancar meski awalnya ia tak mengerti soal – soal IELTS karena jauh berbeda dengan TOEFL. Kebiasaanya membaca membantunya memahami soal tersebut. Selanjutnya di bulan Februari tahun berikutnya ia kembali menelepon pihak ADS dan ia dinyakatn sebagai kandidat penerima beasiswa ADS dan harus mengikuti pelatihan bahasa inggris selama 3 bulan di IALF, Jakarta. Setelah pelatihan ia memutuskan untuk memilih Flinders University dengan jurusan educational administration karena statusnya sebagai guru sekaligus perintah dari Sekneg kala itu. Bermodalkan beasiswa ini pula, Ia akhirnya melanjutkan S3 di New Zealand setelah lulus S2 di Australia.

 

Referensi:

Loading...

https://deceng2.wordpress.com/2010/10/29/cerita-mendapatkan-beasiswa-1/

=====================================
SEGERA! RAIH BEASISWA DAN PELUANG KERJA DENGAN
SKOR TOEFL DIATAS 500 & IELTS 6.5 MELALUI STRATEGI INI!Book Cover Mock Up-03 - Copy -edtgwag Copy

Mau Menaklukan TOEFL atau IELTS Dengan Cepat ?
Pelajari BUKU CETAK TOEFL & IELTS Score Booster Saja!
Buku panduan strategi praktis ini membantumu menaklukan tes TOEFL & IELTS dan meraih skor tinggi! Kini belajar persiapan tes lebih mudah dan murah.

TOEFL & IELTS Score Booster adalah buku (cetak) panduan cepat meraih skor TOEFL diatas 500 dan IELTS 6.5 dengan cara yang aplikatif. Produk ini terdiri dari BUKU CETAK/PRINT 200 Halaman + 30 Video Tutorial Strategi Praktis.

Isi buku ini adalah panduan yang terdiri dari lebih 30 strategi praktis yang ditunjang dengan latihan soal terbaru beserta kunci jawaban dan tips & tricks rahasianya. Buku ini disusun oleh Tim Englishforall.id yang telah mempunyai skor TOEFL ITP diatas 600 dan IELTS diatas 7.0 serta beberapa anggota tim melanjutkan studi S2 atau short course di Australia dan UK.

Tidak hanya fitur buku diatas, beli BUKU CETAK (ESKLUSIF) Score Booster sekarang, kamu juga akan mendapatkan BONUS (Gratis) berikut:
1. Gratis Online Course & bimbingan selama 4 minggu tentang TOEFL atau IELTS
& Beasiswa senilai 400.000,-
2. Gratis Ebook Strategi Lolos dan Tips & Tricks Beasiswa
setebal 127 halaman senilai 175.000,
3. Akses Gratis TOEFL atau IELTS Online Test 1 di englishforall.id
selama 3 bulan senilai 300.000,-

Total BONUS (Gratis) Senilai Rp 875.000,00

Berapa harga buku TOEFL Booster 570+ cetak/printnya?
Harga Buku Cetak/Print TOEFL BOOSTER 570+, kini CUKUP dengan Rp 187.000,- dan dapatkan semua bonusnya. Lihat sampel video animasi belajarnya diakhir post ini.

TUNGGU DULU khusus kamu jika ORDER SEKARANG kamu akan mendapatkan potongan harga Rp. 42.000, jadi hanya CUKUP bayar Rp. 145.000,- saja untuk BUKU Cetak/Print plus online course dan semua bonusnya.

Berapa harga buku IELTS Score Booster 7.0 cetak/printnya?
Harga Buku Cetak/Print IELTS SCORE BOOSTER 7.0. 225.000 (Harga Pas)

Murah banget ya harganya? Sayangnya potongan harga diatas untuk 500 orang tercepat saja nih. Jadi pastikan kamu untuk mendapatkan harga harga PROMO dengan SEGERA memesan ke tim Englishforall.id
Mahri Priyatno : 085222025997 (SMS/LINE) WhatsApp Klik,
Ade Suyitno : 085659932860 (SMS/LINE) WhatsApp Klik,
Ketik : PESAN Buku TOEFL_ Nama Lengkap_Nama Universitas/Sekolah dan Alamat Penerima Buku Kecamatan dan kota apa. LIHAT SAMPEL VIDEO ANIMASI BELAJAR TOEFL KLIK DISINI

 

Loading...

LEAVE A REPLY