Seputar kuliah program pascasarjana di Malaysia

Seputar kuliah program pascasarjana di Malaysia

422
SHARE
ACE Education

Para mahasiswa internasional menemukan bahwa kuliah di Malaysia sangat menguntungkan karena banyaknya pilihan program kuliah dan institusi pendidikan serta biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau.

Pendidikan pascasarjana di Malaysia cukup digemari mahasiswa internasional. Salah satu sebabnya adalah banyak universitas yang memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang mengambil gelar master dengan penelitian.

Dengan IPK S1 3.00 Anda sudah bisa diterima di universitas-universitas Malaysia untuk pendidikan program pascasarjana S2. Jika IPK S1 Anda bagus, misalnya 3,6 keatas, ada kemungkinan Anda bisa mendaftar langsung ke program S3, tanpa harus menyelesaikan S2.

Buku

Di Malaysia tersedia 2 jenis program Master:

  1. Berapa biaya master by coursework (Master jalur pembelajaran)?

Master by coursework berlangsung selama 2 hingga 3 semester dengan 40-50 SKS. Jadwal kuliahnya cukup padat. Biasanya tidak tersedia beasiswa untuk master by coursework.

  1. Berapa biaya Master by research (Master jalur penelitian)?

Master by research berdurasi lebih lama, yaitu 4 hingga 6 semester. Tetapi jumlah SKS lebih sedikit. Biasanya tersedia banyak program beasiswa untuk Master by research di Malaysia, berkisar antara RM 1,500-1,600 per bulan.

Di Malaysia, biaya kuliah untuk gelar S2 cukup terjangkau. Biaya kuliah Program MBA (Master of Business Administration) di universitas-universitas swasta berkisar antara RM 21,000 hingga RM 30,000. Lama kuliah sekitar 1 hingga 2 tahun. Sedangkan di universitas-universitas negeri, biaya kuliah Program MBA berkisar antara RM 13,000 hingga RM 25,000.

Sedangkan untuk Master by research di bidang non medis, biaya kuliah program gelar Master berkisar antara RM 1,800 hingga RM 6,000 per tahun.  Untuk gelar PhD (S3), kisaran biaya per tahunnya adalah RM 2,700 hingga RM 8,000.

  1. Berapa biaya gelar master per jurusan?

Penjelasan harga di atas adalah biaya kisaran, untuk biaya terbaru dan lebih jelas.

–  Gelar MBA coursework di UTAR (program 1,5 tahun) adalah RM 32,786

– Gelar Master Fisika Terapan di University of Malaya (selama 8 semester) adalah USD $5,704.87

Sumber : Hotsources.co.id

 

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.