Cara Mengikuti YSEALI Ke Amerika Tahun 2017-2018, Beasiswa Short Course (Fully Funded)

Cara Mengikuti YSEALI Ke Amerika Tahun 2017-2018, Beasiswa Short Course (Fully Funded)

24184
SHARE
englishforall.id-YSEALI-Indonesia-ekonomi

Beasiswa short course ke Amerika Serikat kini semakin diminati.
Bagaimana tidak jenis beasiswa yang beragam untuk berbagai jurusan/bidang serta adanya pembiayaan penuh (fully funded) mulai dari tiket pesawat pulang pergi, akomodasi di Amerika hingga program program kursus bertaraf internasional disediakan secara gratis.

Selain acara formal kursus adanya field trip atau city tour dalam setiap program menjadi hal menarik tersendiri. Kita akan melihat beberapa kota/ negara di kesatuan United States of Amerika dengan segala pernak-pernik kemegahan kotanya dan kearifan budayanya.

Banyak sekali jenis program short course, ada yang bentuknya program pertukaran pemuda dan beasiswa short course. Salah satu yang sedang ramai diikuti pemuda Indonesia adalah YSEALI Academic Fellows. Sudah ratusan lebih pemuda Indonesia mendapatkan kesempatan ke Amerika bersama program ini dan mendapat dukungan dalam pengembangan program sosial di masyarakat Indonesia setelah program.

Buku

YSEALI Academic Fellows  adalah program pendidikan short term yang diadakan oleh pemerintah Amerika untuk pemuda negara-negara ASEAN usia 18-25 tahun.Tentunya, Indonesia termasuk daftar negara didalamnya.

YSEALI Academic Fellows  memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman yang lebih tentang  Amerika Serikat kepada pemuda ASEAN dan secara bersamaan berupaya  meningkatkan keterampilan kepemimpinan pada bidang yang diminati.

 

pertukaran-pelajar-ke-usa-dengan-yseali

Sumber : youngsoutheastasianleaders.state.gov

Program ini akan berjalan selama lima minggu, acara akan dilaksanakan di universitas-universitas yang ditunjuk oleh pemerintah Amerika Serikat. Kegiatannya tidak hanya program akademik dan tur studi pendidikan namun juga tentang pengembangan kepemimpinan dan kegiatan pelayanan dengan masyarakat  setempat serta memiliki kesempatan untuk terlibat dengan rekan-rekan Amerika.

Setiap program acara puncaknya akan berlangsung di Washington, DC yang memungkinkan adanya keterlibatan dengan para pembuat kebijakan, perwakilan pemerintah, pebisnis dan akademisi untuk turut berdiskusi bersama peserta.

Siapa yang bisa untuk mendaftar?
Yang berhak mengikuti program ini adalah pemuda yang berasal dari 10 negara ASEAN yang masih kuliah S1/D3/S2, sarjana baru (fresh graduate) atau mahasiswa pascasarjana.

Beasiswa short course ini terbuka untuk mahasiswa, fresh graduate dan pemuda pada umumnya yang berusia kurang dari 25 tahun. Apapun jurusan kuliah kamu bisa mengikuti program ini. Namun saat mau apply beasiswa ini kamu harus memilih 3 bidang besar yang ditawarkan. Pilih satu bidang yang ada kaitannya sama aktivtas sosial dan akademik kalian.

Bidang-bidang fokus yang bisa dipilih dalam program YSEALI adalah 1) Civic engagement, 2) Environment and natural resources management dan 3) Entrepreneurship and economic development

Persyaratan Kelayakan Teknis. Pelamar harus:

  • Berusia antara 18 dan 25 tahun pada saat mengirim aplikasi;
  • Seorang warga dari salah satu negara berikut: Brunei, Burma, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam;
  • Seorang penduduk salah satu negara berikut: Brunei, Burma, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam;
  • Seorang mahasiswa sarjana penuh waktu atau lulus dalam empat tahun terakhir dari perguruan tinggi, universitas, atau lembaga pendidikan tinggi lainnya;
  • Mahir dalam membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris; dan
  • Berhak menerima Amerika Serikat J-1 visa (visa J-1 bagi individu disetujui untuk berpartisipasi dalam pekerjaan-dan belajar berbasis program pertukaran pengunjung. Sebagai bagian dari visa J-1, Anda diminta untuk mematuhi dua -tahun Residency asing Kebutuhan.

Kriteria Seleksi. Pelamar harus:

  • Menunjukkan kualitas kepemimpinan yang kuat dan potensial di universitas, tempat kerja, dan / atau masyarakat;
  • Menunjukkan minat, pengetahuan, atau pengalaman profesional dalam salah satu tema YSEALI;
  • Menunjukkan komitmen atau kepentingan dalam pelayanan masyarakat, kesukarelaan, atau bimbingan;
  • Menunjukkan minat yang serius dalam belajar tentang Amerika Serikat dan ASEAN.
  • Bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam program akademik intensif, pelayanan masyarakat, dan studi tour;
  • Memiliki komitmen untuk kembali ke negara asal mereka untuk menerapkan keterampilan kepemimpinan dan pelatihan untuk manfaat komunitas mereka, negara, atau wilayah ASEAN; dan
  • Diutamakan memiliki sedikit atau tidak ada sebelum belajar atau perjalanan pengalaman di Amerika Serikat.

Pembukaan pendaftaran dan penerimaan aplikasi  YSEALI ada dua kali dalam setahun. Periode pendaftaran  1, 10 maret hingga 10 april dan Periode pendaftaran 2, batas waktu pendaftaran adalah 10 Oktober. Jadwal ini akan berubah sewaktu-waktu oleh karena itu anda hendaknya terus mengikuti media sosial Dubes Amerika untuk Indonesia.

Cara Daftar YSEALI adalah Pelamar mengisi formulir dan mengirimkan formulir tersebut ke e-mail YSEALIjkt@state.gov
Hanya kandidat terpilih akan diberitahu untuk seleksi tahap berikutnya yaitu wawancara. Berikut contoh formulir pendaftaran tahun kemarin Download DISINI

Punya pertanyaan untuk program ini? Silahkan E-mail ke: YSEALIjkt@state.gov
Info lengkap tentang program ini silahkan kunjungi website :  https://id.usembassy.gov/education-culture/yseali/yseali-academic-fellows/

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.