Strategi Lolos Administrasi Beasiswa LPDP dan Seleksi Interview Untuk Studi S2...

Strategi Lolos Administrasi Beasiswa LPDP dan Seleksi Interview Untuk Studi S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri

32324
SHARE

STRATEGI MENDAPATKAN BEASISWA LPDP
DAN BEASISWA INTERNASIONAL UNTUK STUDI
S2 DAN S3 DALAM DAN LUAR NEGERI

BAGIAN I
Compiled By Englishforall.id Team

 STRATEGI TAHAP I : SELEKSI ADMINISTRASI

Pada seleksi beasiswa apapun tahap awal yang harus dilalui adalah melengkapi persyaratan administrasi. Jangan heran makin kesini makin banyak pelamar beasiswa yang gagal pada tahap ini baik karena kurang lengkap ataupun kurang teliti dalam melengkapi persyaratan-persyaratan beasiswanya. Lembaga pemberi beasiswa kini semakin teliti dan menggunakan teknologi IT untuk seleksi tahap administrasi jadi dengan mudah mengetahui siapa pelamar beasiswa yang tidak lengkap dalam memenuhi persyaratan. Otomatis pelamar beasiswa yang tidak lengkap akan di tandai secara ototmatis oleh sistem. Jadi jangan sepelekan tahap ini karena pada seleksi administrasi adalah tahapan pembuka untuk menuju seleksi selanjutnya.
Pada tahapan seleksi administrasi ini data isian & file dokumen yang dinilai :

  1. Kelengkapan dokumen
  2. Validasi informasi kepada peserta (keaslian data dan lampiran)
  3. Memenuhi syarat/tidak
    Dokumen aplikasi yang lengkap & memenuhi syarat selanjutnya di distribusikan ke reviewer secara online untuk di nilai
  4. Membuat Essay Beasiswa. Pada dasarnya setiap beasiswa apapun ada essay yang harus diisi. Sebagai contoh pada beasiswa BPI LPDP ada essay yang harus dibuat adalah Perankun untuk Indonesia, Sukses Terbesar dalam Hidupku dan Study Plan yang dibuat dengan Orisinil, Sistematis dan Menarik untuk dibaca serta banyak nilai positif.

Tips dan Tricks pada tahapan administrasi :

  1. Isilah semua form diatas dengan hati hati dan lengkap
  2. Tulis sekecil apapun pengalaman dan prestasi yang anda punya
  3. Jika anda mempunyai banyak aktivitas cukup tulis 5 hal yang anda anggap terbaik
  4. Isilah data dengan jujur karna akan diverifikasi saat tahap 2 dan interview
  5. Pada form bahasa isilah dahulu form TOEFL ITP/ IELTS
    di awal baru kemampuan bahasa lain
  6. Buatlah backup isian riwayat hidup kalian dalam Word untuk keperluan kedepan
  7. Siapkan file dalam bentuk pdf untuk di upload : Ijazah, KTP, Transkrip Nilai, Surat Rekomendasi, Surat Pernyataan, Surat Keterangan Dokter (Optional), TOEFL dll
    isi semuanya dengan lengkap.
  8. Jika diminta file menggunakan bahasa inggris maka beberapa file diatas harap di translate ke lembaga profesional

TAHAP II: PENILAIAN DOKUMEN DENGAN HASIL BAIK

Tahapan seleksi beasiswa setelah administrasi adalah penilaian administrasi dalam kelengkapan form dan dokumen yang telah kamu isi & upload di sistem. Biasanya kini pemberi beasiswa menggunakan sistem online dari website. Beasiswa di Indonesia seperti BU DIKTI dan BPI LPDP sudah menggunakan sistem online. Hal ini sangat membantu dalam penilaian administrasi secara otomatis. Jadi harus diisi dengan lengkap dan benar.Penilaian melalui sistem online dengan komponen penilaian meliputi:

  1. Kelengkapan isi form data personal, Kelengkapan yang harus diisi di form LPDP secara umum meliputi :
  2. Info Personal
  3. Info Keluarga
  4. Info Riwayat Pendidikan
  5. Info Pengalaman Kerja
  6. Info Pengalaman Organisasi dari SMP hingga Kuliah
  7. Info Prestasi
  8. Info Pengalaman Penelitian
  9. Info Pengalaman Mengikuti Pelatihan/ Workshop
  10. Info Pengalaman Mengikuti Konferensi Nasional / Internasional
  11. Info Kemampuan Bahasa (Minimal TOEFL ITP / IELTS)
  12. Info Penghargaan yang Pernah diraih.
  13. Akreditasi Program Studi oleh BAN-PT (mengingat belum meratanya kualitas PT di Jawa dan di luar Jawa, penilaian dalam poin ini bersifat relatif).
  14. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta.
  15. Skor TOEFL/ IELTS (atau skor lainnya yang setara), termasuk lembaga yang mengeluarkan skor TOEFL.
  16. Untuk beasiswa studi Magister/Doktor, skor TOEFL/IELTS ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan.
  17. Aktivitas Kepemimpinan
  18. Potensi Untuk Berkembang/ Maju di Masa Depan.
  19. Keaktifan dalam mengikuti kegiatan Sosial Masyarakat
  20. Idealisme dan Nasionalisme

Semua pelamar yang mengisi data dengan lengkap dan benar serta nilainya memenuhi nilai standar administrasi LPDP, pasti akan diundang untuk mengikuti tahap ke seleksi wawancara. Namun kini secara bertahap standar penilaian administrasi LPDP semakin ketat dan mulai banyak pendaftar yang GAGAL pada seleksi tahap awal ini. Pengumuman disampaikan di website beasiswa dan email pemberitahuan langsung ke peserta. Jadi selalu rajin dan jangan males untuk ngecheck email serta update website pengelola beasiswa misalnya jika LPDP di www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

STRATEGI TAHAP III : SELEKSI WAWANCARA

Ini adalah tahap yang paling seru dalam seleksi beasiswa LPDP karena sebagian besar peserta gugur di tahap ini. Seleksi wawancara hanya bagi anda yang lolos seleksi administrasi. Tujuan utama adanya wawancara adalah untuk memvalidasi hal-hal yang kita tulis di form pendaftaran, pencapaian dan penghargaan yang kita miliki.

Setiap Peserta akan diwawancara oleh 2 orang Interviewer dari Bidang Keilmuan terkait (rata-rata bergelar profesor, minimal bergelar Doktor) dan 1 orang Psikolog. Tujuan dari session interview ini adalah mengkonfirmasi secara detail data diri dan rencana studi kamu termasuk value-value yang kamu ceritakan dalam tulisan essay kamu.

Kedua interviewer dari Bidang Keilmuan terkait biasanya akan menggali lebih dalam rencana studi, detail proposal penelitian, hingga penguasaan ilmu terkait dengan rencana studi/penelitian yang kamu mintai dana. Sedangkan psikolog focus melihat aspek kejiwaan, kepribadian, dan potensi-potensi yang kamu miliki untuk berhasil dalam studi/penelitian dan menjadi agen perubahan seusai studi/penelitian. Lewat pertanyaan-pertanyaan yang saling mengkonfirmasi dari ketiga Interviewers dan file data yang telah dimilikinya, umumnya kelebihan-kelebihan dan kekurangan dari pelamar biasanya dapat kami ketahui. Pun, beberapa pelamar yang berbohong, berpura-pura, hingga memalsukan data biasanya akan dapat kami ketahui

Nilai dari ketiga interviewer akan dihitung dan dikonfirmasikan dengan nilai dokumen aplikasi.Proses wawancara ini umumnya dilakukan dengan cara Tatap Muka Langsung atau apabila pelamar sedang berada di luar negeri dilakukan Teleconference.

Tips dan Tricks saat seleksi interview :

  1. Siapkan seluruh data asli Ijazah, pengalaman organisasi, sertifikat penghargaan dll
  2. Datang ke tempat acara 1 jam sebelum jadwal agar tenang
  3. Usahakan tidur cukup dan sarapan agar kita terlihat fresh saat wawancara
  4. Gunakan pakaian yang rapih dan mencerminkan orang yang baik dan profesional
  5. Senyum dan berikan salam kepada interviewer
  6. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur dan jadilah diri sendiri
  7. Setiap jedah antar pertanyaan pertahankan anda tetap tenang dan senyum
  8. Jika ada pertanyaan yang membuat ada tersudutkan dan anda tidak bisa menjawab ucapkan terima kasih dan tidak usah ngeles
  9. Hindari berprilaku ngotot tapi cukup perlihatkan bahwa kita pemuda yang semangat
  10. Yakinkan kepada interviewer bahwa anda pantas mendapatkan beasiswa
  11. Salam dan kasih senyuman sebelum anda meninggalkan tempat acara
  12. Beberapa hari sebelum seleksi wawancara usahakan latihan dan cari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul saat interview.

TIPS UMUM LOLOS BEASISWA LPDP:

  1. Pastikan kamu memenuhi & mengirimkan semua syarat & berkas administrasi yang diminta. Jika terdapat syarat yang belum terpenuhi, usahakan mencari/memenuhinya terlebih dahulu. Untuk syarat nilai TOEFL, jika kamu benar-benar mentok nggak bisa mencapai angka 550 atau IELTS 6.5 maka beberapa alternatif strategi adalah mencari program studi di negara Non-English speaking countries dan/atau mencari Letter of Acceptance -nya dahulu Usahakan memilih Bidang Studi & Perguruan Tinggi tujuan yang diutamakan oleh LPDP (dapat kamu temukan di sistem pendaftaran online LPDP).
  2. Gali dan kembangkan pengalaman kerja, organisasi, maupun karakter-karakter diri kamu yang mampu membuktikan jiwa/potensi kepemimpinan kamu, pada level apapun. Jangan remehkan pengalaman berorganisasi kamu di kampung, OSIS, atau bisnis keluarga kamu. Sesederhana apapun pengalaman kamu dan sekecil apapun lingkup lingkungan kamu, tuliskan dan yakinkan bahwa kamu adalah seorang “Pemimpin”.
  3. Gali dan ajukan topik-topik penelitian atau rencana studi yang strategis bagi kepentingan orang banyak (bukan hanya sekedar kepentingan ambisi studi pribadi kamu), inovatif, implementatif, bahkan usahakan gali sisi kepentingan penelitian atau rencana studi kamu bagi kepentingan nasional Indonesia.
  4. Jangan sekali-kali berbohong atau memalsukan data, karena kepribadian kamu khususnya integritas diri kamu juga faktor utama penentu Interviewer meloloskan aplikasi beasiswa kamu.
  5. Untuk beasiswa Tesis/Disertasi buatlah Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang detail, jelas, & masuk akal (jangan model ‘glondongan’). Semua item rencana pengeluaran harus dapat dijelaskan. Biasanya kami, para Interviewer akan menanyakan setiap item dan diberikan kewenangan mengusulkan berapa usulan total bantuan dana sebenarnya berdasarkan penjelasan dari dari pelamar. Total besar dana yang diminta juga tidak boleh melebihi batas, silahkan lihat di sistem aplikasi online LPDP tentang besar maksimal anggaran, yang jelas dibedakan antara penelitian Lab dan non-Lab.

Demikian sekedar meneruskan info & tips memperoleh beasiswa LPDP, dengan harapan semakin banyak anak-anak bangsa yang mampu mewujudkan cita-cita pendidikannya, mampu menyelesaikan penelitiannya, dan mampu menjadi agent of change pembangunan di seluruh pelosok tanah air.

===================================
SEGERA! RAIH BEASISWA DAN PELUANG KERJA DENGAN
SKOR TOEFL DIATAS 500 & IELTS 6.5 MELALUI STRATEGI INI!Book Cover Mock Up-03 - Copy -edtgwag Copy

Mau Menaklukan TOEFL atau IELTS Dengan Cepat ?
Pelajari BUKU CETAK TOEFL & IELTS Score Booster Saja!
Buku panduan strategi praktis ini membantumu menaklukan tes TOEFL & IELTS dan meraih skor tinggi! Kini belajar persiapan tes lebih mudah dan murah.

TOEFL & IELTS Score Booster adalah buku (cetak) panduan cepat meraih skor TOEFL diatas 500 dan IELTS 6.5 dengan cara yang aplikatif. Produk ini terdiri dari BUKU CETAK/PRINT 200 Halaman + 30 Video Tutorial Strategi Praktis.

Isi buku ini adalah panduan yang terdiri dari lebih 30 strategi praktis yang ditunjang dengan latihan soal terbaru beserta kunci jawaban dan tips & tricks rahasianya. Buku ini disusun oleh Tim Englishforall.id yang telah mempunyai skor TOEFL ITP diatas 600 dan IELTS diatas 7.0 serta beberapa anggota tim melanjutkan studi S2 atau short course di Australia dan UK.

Tidak hanya fitur buku diatas, beli BUKU CETAK (ESKLUSIF) Score Booster sekarang, kamu juga akan mendapatkan BONUS (Gratis) berikut:
1. Gratis Online Course & bimbingan selama 4 minggu tentang TOEFL atau IELTS
& Beasiswa senilai 400.000,-
2. Gratis Ebook Strategi Lolos dan Tips & Tricks Beasiswa
setebal 127 halaman senilai 175.000,
3. Akses Gratis TOEFL atau IELTS Online Test 1 di englishforall.id
selama 3 bulan senilai 300.000,-

Total BONUS (Gratis) Senilai Rp 875.000,00

Berapa harga buku TOEFL Booster 570+ cetak/printnya?
Harga Buku Cetak/Print TOEFL BOOSTER 570+, kini CUKUP dengan Rp 187.000,- dan dapatkan semua bonusnya. Lihat sampel video animasi belajarnya diakhir post ini.

TUNGGU DULU khusus kamu jika ORDER SEKARANG kamu akan mendapatkan potongan harga Rp. 42.000, jadi hanya CUKUP bayar Rp. 145.000,- saja untuk BUKU Cetak/Print plus online course dan semua bonusnya.

Berapa harga buku IELTS Score Booster 7.0 cetak/printnya?
Harga Buku Cetak/Print IELTS SCORE BOOSTER 7.0. 225.000 (Harga Pas)

Murah banget ya harganya? Sayangnya potongan harga diatas untuk 500 orang tercepat saja nih. Jadi pastikan kamu untuk mendapatkan harga harga PROMO dengan SEGERA memesan ke tim Englishforall.id
Mahri Priyatno : 085222025997 (SMS/LINE) WhatsApp Klik,
Ade Suyitno : 085659932860 (SMS/LINE) WhatsApp Klik,
Ketik : PESAN Buku TOEFL_ Nama Lengkap_Nama Universitas/Sekolah dan Alamat Penerima Buku Kecamatan dan kota apa. LIHAT SAMPEL VIDEO ANIMASI BELAJAR TOEFL KLIK DISINI

Baca Juga – Popular Post :

Referensi Tulisan :

  1. Tony D Susanto, Ph.D. 2015. Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP& Strategi Umum Lolos Beasiswa
  2. Ade Suyitno. 2016. Strategi Lolos Beasiswa dan Masuk Universitas Favorit.
  3. Englishforall.id Strategi Beasiswa Tahapan Administrasi

Comments

comments

Comments are closed.