Apa itu TOEFL®

Apa itu TOEFL®

786
SHARE

TOEFL® merupakan kepanjangan dari the Test Of English as a Foreign Language. Sebuah tes berstandar Internasional berasal dari Amerika Serikatyang di desain untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa ibu (first language) dan bagi seseorang yang akan bekerja atau belajar negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

TOEFL® dikelola oleh Educational Testing Service (ETS) di Princeton, New Jersey Amerika Serikat sejak tahun 1965. TOEFL diterima di hampir seluruh organisasi dan institusi di English speaking countries (negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama). Di Amerika Serikat dan Kanada saja sudah hampir 7000 kampus dan universitas menerima TOEFL sebagai bagian persyaratan yang ditujukan bagi siswa yang berasal bukan dari negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahas utama, dan itu  masih belum termasuk universitas dan institusi dilebih dari 130 negara lainnya.

Disamping universitas, badan-badan dan instusi-institusi juga mengedepankan nilai TOEFL® sebagai persyaratan. Departemen imigrasi menggunakan TOEFL® sebagai salah satu persyaratan permohonan izin tinggal dan visa kerja. Badan medis dan perijinan menggunakannya untuk tujuan sertifikasi profesional, dan masih banyak lainnya.

TOEFL merupakan salah satu tes pengukur kemampuan berbahasa Inggris disamping IELTS, TOEIC, OPI/OPIc, SAT, GRE dan GMAT. Setiap jenis tes tersebut diambil tergantung akan kebutuhan dan tergantung persyaratan ditawarkan yang harus dipenuhi dari sebuah perusahaan, institusi atau universitas.

Siapa saja yang dapat mengambil tes TOEFL®

Lebih dari 30 juta orang dari seluruh dunia telah mengambil tes TOEFL® untuk mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris mereka. Rata-rata tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang baik berada pada rentang Intermediate danAdvanced.

  • Orang yang merencanakan melanjutkan studi nya ke tingkat yang lebih tinggi.
  • Persyaratan masuk atau keluar dari Institusi.
  • Serifikasi kandidat penerima beasiswa.
  • Orang yang ingin mengetahui dan mengecek progres kemampuan Bahasa Inggris mereka.
  • Siswa atau pekerja yang akan beraktivitas di luar negeri yang membutuhkan visa.

Tes TOEFL PBT pada umumnya diselenggarakan sebanyak enam kali dalam setahun atau dua bulan sekali. Untuk mendapatkan informasi jadwal penyelenggaraan tes TOEFL PBT di Indonesia, calon peserta tes dapat menghubungi pusat-pusat pengembangan bahasa di beberapa tempat tes TOEFL di daerah sebagai berikut:

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.