Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris di Indonesia

Ayo Belajar Bahasa Inggris! Aplikasi Terbaik untuk Pemula


Ayo belajar bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Bahkan banyak sekali orang Indonesia yang mempelajari bahasa Inggris untuk menunjang karir atau sebagai syarat masuk ke perguruan tinggi. Namun, banyak orang Indonesia yang masih kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris, terutama bagi pemula.

Read More

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang praktis dan dapat diakses secara online. Tentu saja, kamu harus memilih aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuanmu dan praktis diakses. Berikut adalah lima aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang lengkap dan layak untuk dicoba, terutama bagi kamu yang berada di level pemula.

1. Duolingo


Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang populer di kalangan pemula karena mudah digunakan dan menyenangkan. Duolingo menawarkan berbagai latihan yang terdiri dari gambar, teks, dan audio, sehingga kamu bisa mempelajari kosakata, tata bahasa, dan variasi ungkapan umum, seperti percakapan, presentasi, hingga tulisan akademik. Di Duolingo, kamu bisa memilih level yang sesuai dengan kemampuanmu, mulai dari level dasar hingga level lanjutan. Selain itu, Duolingo juga bisa dihubungkan ke platform sosial media, misalnya Facebook, sehingga mengajak kamu untuk belajar dengan orang lain dan bersaing untuk mendapatkan skor yang tinggi.

Kelebihan Duolingo adalah mudah digunakan, menyenangkan, dan gratis. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan, yakni kurang mendalam dalam menjelaskan tata bahasa, sehingga kamu harus mencari sumber tambahan jika ingin lebih memahami tata bahasa bahasa Inggris secara mendalam

2. Busuu


Busuu

Busuu merupakan salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dibuat oleh pakar bahasa, yang memungkinkan kamu untuk memperdalam keterampilan bahasa Inggris-mu dengan guru asli. Dalam menggunakan Busuu, kamu akan diberikan target belajar sepekan dengan konsep belajar bahasa Inggris secara menyeluruh dan sistematis. Selain itu, kamu akan diberikan banyak latihan seperti tes listening comprehension, berbicara, dan menulis. Di Busuu, kamu juga diberikan kesempatan untuk belajar sambil memperluas cakrawala dengan teman-teman internasional yang ada di komunitas Busuu.

Kelebihan Busuu adalah fitur Grammar, Tes, audio, dan fitur chatting dengan native speaker sehingga kamu dapat memperoleh umpan balik yang terkait dengan latihan kamu. Namun, Busuu memiliki kekurangan yaitu, kamu harus membayar untuk menikmati semua fitur yang ada.

3. Rosetta Stone


Rosetta Stone

Rosetta Stone adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menggunakan metode pengajaran yang dikonsep langsung oleh para ahli linguistik. Panggilan internasional Rosetta Stone adalah salah satu aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Inggris terutama untuk pemula. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk dilibatkan dalam percakapan yang non-baku, pengenalan kosakata, dan pelafalan yang benar melalui teknik rekaman suara dalam situasi tertentu. Terlebih lagi, Rosetta Stone tidak membutuhkan terjemahan atau bahkan menjelaskan secara mendetail tentang kalimat dan tata bahasa.

Kelebihan Rosetta Stone yaitu teknik lingkungan asli membuat kamu belajar bahasa Inggris dengan sangat otomatis. Namun, Rosetta Stone memiliki kekurangan yaitu kamu harus membayar untuk menggunakan aplikasi secara penuh.

4. Babbel


Babbel

Babbel merupakan salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Inggris dengan fitur yang menyenangkan. Babbel menawarkan berbagai jenis teks seperti percakapan pendek, dialog, serta pasangan suara pada setiap audio. Aplikasi ini juga mengajarkan keterampilan bahasa dengan situasi sosial dan membantu kamu berbicara tentang topik yang lebih rumit dengan cara yang dapat dipahami. Dalam Babbel, kamu juga bisa melatih keterampilan tulis menulis dengan cepat dan tepat.

Kelebihan Babbel yaitu mudah digunakan, fitur chatting dengan native speaker, dan gratis. Namun, Babbel memiliki kekurangan yaitu terbatas untuk level dasar dan menengah dengan materi yang kurang lengkap

5. Memrise


Memrise

Memrise adalah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk mempermudah belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini mengadaptasi cara belajar bahasa Inggris dengan fitur belajar dan bermain secara bersamaan yang menyenangkan. Aplikasi ini juga memfasilitasi kamu dengan audio native speaker dalam berbagai situasi dan memberikan latihan kosakata dan fokus pada percakapan di dalam percakapan harian. Dalam Memrise, kamu berkesempatan untuk mengikuti mini game yang terdapat dalam aplikasi, sehingga memperkecil kemungkinan kamu merasa bosan saat belajar bahasa Inggris.

Kelebihan Memrise adalah mudah digunakan dan cocok untuk semua level. Namun, Memrise memiliki kekurangan yaitu hanya lebih fokus pada kosakata, tidak seperti aplikasi lain.

Aplikasi gratis versus aplikasi berbayar: Mana yang lebih baik untukmu?


Aplikasi gratis versus aplikasi berbayar

Jika Anda sedang mencari aplikasi untuk belajar bahasa Inggris, Anda pasti akan menemukan banyak pilihan yang tersedia. Namun, kebanyakan aplikasi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu aplikasi gratis dan aplikasi berbayar. Kedua tipe aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan terkadang sulit untuk menentukan mana yang lebih baik untukmu. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aspek penting dari aplikasi gratis dan berbayar untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Aplikasi Gratis

Aplikasi gratis adalah pilihan populer bagi banyak orang karena tidak memerlukan biaya untuk digunakan. Beberapa aplikasi bahasa Inggris gratis yang populer di Indonesia, seperti Duolingo, Memrise, dan Busuu, menawarkan banyak fitur yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi bahasa Inggris gratis:

Kelebihan

  1. Tidak Memerlukan Biaya – Dalam kebanyakan kasus, aplikasi bahasa Inggris gratis tidak memerlukan biaya untuk digunakan. Ini membuatnya sangat mudah untuk mencoba dan memilih aplikasi yang tepat untukmu tanpa mengeluarkan uang terlebih dahulu.
  2. Mudah Digunakan dan Direka dengan Baik – Aplikasi bahasa Inggris gratis seperti Duolingo dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang mudah dipahami untuk memudahkanmu belajar tata bahasa dan kosakata bahasa Inggris.
  3. Dapat Diakses dari Mana Saja – Aplikasi bahasa Inggris gratis tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, dan desktop. Ini membuatnya lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris secara online, dimanapun dan kapanpun yang kamu inginkan.

Kekurangan

  1. Kualitas Materi Belajar yang Kurang Memuaskan – Meski kebanyakan aplikasi bahasa Inggris gratis seperti Duolingo mempunyai fitur-fitur yang menarik, materi yang dibahas tidak terlalu dalam sehingga kurang membantu untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara serius.
  2. Fitur Tambahan Tidak Tersedia – Aplikasi bahasa Inggris gratis mungkin tidak menyediakan banyak fitur tambahan seperti tes kemampuan, praktik percakapan, atau akses ke tutor. Ini memungkinkan-mungkin sulit untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu untuk tujuan tertentu, seperti persiapan TOEFL atau IELTS.
  3. Iklan yang Mengganggu – Aplikasi bahasa Inggris gratis sering menampilkan iklan, yang dapat mengganggu fokusmu dan membuat proses belajar menjadi lebih lambat.

Aplikasi Berbayar

Aplikasi berbayar adalah opsi yang bagus jika kamu ingin belajar bahasa Inggris secara serius. Meski harganya lebih mahal daripada aplikasi gratis, aplikasi bahasa Inggris berbayar seperti Babbel atau Rosetta Stone dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih lengkap dan berfokus pada tujuan tertentu. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi bahasa Inggris berbayar:

Kelebihan

  1. Materi Belajar yang lebih Berkualitas – Aplikasi bahasa Inggris berbayar seperti Rosetta Stone atau Babbel menawarkan materi belajar yang lebih berkualitas dan terperinci sehingga lebih membantu kamu belajar bahasa Inggris secara serius.
  2. Fitur Tambahan seperti Tutor – Aplikasi bahasa Inggris berbayar umumnya menawarkan fitur tambahan seperti akses ke tutor, tes kemampuan, praktik percakapan, serta pembelajaran yang fokus pada tujuan tertentu seperti persiapan TOEFL atau IELTS.
  3. Tidak Ada Iklan yang Mengganggu – Kebanyakan aplikasi bahasa Inggris berbayar tidak ada iklan yang tampil sehingga kamu tidak akan merasa terganggu dan fokusmu untuk belajar bisa lebih tinggi.

Kekurangan:

  1. Mahal – Biaya berlangganan aplikasi bahasa Inggris berbayar mungkin lebih mahal dibandingkan aplikasi gratis. Ini bisa menjadi kendala bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara serius, namun tidak punya banyak uang.
  2. Batas Waktu Berlangganan – Beberapa aplikasi bahasa Inggris berbayar mungkin hanya memberikan akses selama jangka waktu tertentu, misalnya 3 bulan atau 6 bulan saja. Ini bisa akhirnya membuatmu harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengakses aplikasi yang sama.
  3. Tidak Selalu Mudah Digunakan– Mungkin ada beberapa aplikasi bahasa Inggris berbayar yang antarmukanya sulit dipahami dan tidak mudah digunakan bagi pemula. Sehingga kamu membutuhkan waktu lebih banyak untuk bisa memahami fungsionalitas aplikasi.

Seperti yang terlihat dari perbandingan di atas, aplikasi bahasa Inggris gratis dan berbayar memiliki kelebihan dan kekurangan yang masing-masing. Jadi, mana yang lebih baik untukmu? Tentunya itu semua bergantung pada kebutuhanmu. Misalnya, jika kamu hanya ingin memperluas kosakata bahasa Inggris, maka aplikasi bahasa Inggris gratis seperti Duolingo sangat cocok untukmu. Namun, jika kamu ingin belajar bahasa Inggris secara serius dan mencapai tingkat keahlian tertentu, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi bahasa Inggris berbayar seperti Babbel atau Rosetta Stone.

Aplikasi untuk tata bahasa Inggris: Pilihannya banyak, mana yang paling efektif?


Aplikasi bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris di era digital seperti sekarang ini menjadi lebih mudah dengan adanya berbagai aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone. Ada banyak aplikasi tata bahasa Inggris yang beredar di pasaran dan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Namun, manakah yang paling efektif untuk membantu belajar bahasa Inggris? Berikut adalah beberapa aplikasi tata bahasa Inggris yang bisa kamu coba:

1. Duolingo


Duolingo

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Duolingo. Aplikasi ini sangat populer sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris karena tampilannya yang menyenangkan dan mudah dipahami. Selain itu, Duolingo juga memberikan hadiah pada setiap milestone yang dicapai, sehingga membuat motivasi belajar semakin meningkat. Di dalamnya terdapat fitur review katayang berguna untuk menguji pemahamanmu pada tata bahasa tertentu. Namun, karena fokusnya lebih pada tata bahasa, kamu harus mencari tambahan aplikasi atau kursus jika ingin mengasah kemampuan speaking dan listeningmu.

2. Babbel


Babbel

Aplikasi satu ini juga tidak kalah populer. Babbel memungkinkan kamu untuk belajar tata bahasa Inggris dari level pemula hingga mahir. Kamu juga dapat memilih tema yang ingin dipelajari, seperti keseharian, bisnis, atau perjalanan. Selain materi tata bahasa yang lengkap, kamu juga bisa belajar speaking dan pronunciation. Babbel cocok untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan komunikasimu dalam berbahasa Inggris.

3. Grammarly


Grammarly

Grammarly lebih memfokuskan pada tata bahasa dalam penulisan bahasa Inggris. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menghindari kesalahan penulisan yang umum dilakukan seperti spelling errors, tenses, dan banyak lagi. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu grammarly free dan grammarly premium. Fitur premium lebih lengkap dalam mengecek kesalahan penulisanmu daripada yang gratis. Grammarly bisa di-integrasikan dengan browsermu sehingga setiap kali kamu mengetik email ataupun berbagi cerita di social media, kamu akan mendapat peringatan jika terdapat kesalahan pada grammar atau penulisan kata. Grammarly bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin memiliki tata bahasa tulisan yang benar.

Dengan banyaknya pilihan aplikasi tata bahasa Inggris, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan minatmu. Namun, tidak peduli aplikasi apa yang kamu gunakan, konsistensi dalam belajar dan motivasi adalah kuncinya. Selamat mencoba!

Aplikasi listening dan speaking: Rekomendasi terbaik dari para pengguna


Aplikasi listening dan speaking

Belajar Bahasa Inggris bisa jadi gampang-gampang susah. Terlebih, jika berbicara tentang kemampuan listening dan speaking. Oleh karena itu, para pengembang aplikasi di Indonesia menciptakan banyak aplikasi yang dapat mempermudah proses belajar bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa aplikasi listening dan speaking terbaik yang direkomendasikan oleh para pengguna:

1. Duolingo


Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik di Indonesia. Aplikasi ini dirancang agar mudah digunakan dan memuat materi yang mudah dipahami. Duolingo menawarkan metode pembelajaran yang berbeda seperti pembelajaran kosa kata hingga latihan percakapan. Di Duolingo, pengguna dapat memilih level dan topik pembelajaran yang diinginkan mulai dari level dasar hingga tingkat lanjutan.

2. Rosetta Stone


Rosetta Stone

Aplikasi lainnya yang cukup terkenal di Indonesia adalah Rosetta Stone. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk belajar bahasa Inggris secara menyeluruh dan mengandalkan fitur pengucapan secara langsung dan latihan pengulangan. Rosetta Stone menawarkan materi yang lengkap yang dibagi dalam beberapa level. Selain menggunakan suara bahasa Inggris, aplikasi ini juga menyediakan modul gambar dan tulisan untuk mempermudah pemahaman pengguna.

3. Busuu


Busuu

Busuu adalah aplikasi belajar bahasa Inggris populer lainnya di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan serangkaian latihan dan kuis singkat serta fitur pembelajaran percakapan. Di Busuu, setiap materi pembelajaran diakhiri dengan latihan yang terus meningkat dalam tingkat kesulitan. Busuu juga memuat kuis untuk menguji kemampuan pembelajaran pengguna secara terus-menerus .

4. Speak Fluent English


Speak Fluent English

Speak Fluent English adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaru di Indonesia. Aplikasi ini salah satu aplikasi edukasi yang mengajarkan cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan praktis. Ada banyak fitur yang disematkan dalam aplikasi ini, seperti materi kosa kata, latihan grammar, tips dan trik untuk memahami percakapan, dan masih banyak lagi.

Fitur paling menarik dari aplikasi Speak Fluent English adalah lansung mentor pembelajaran. Mentor akan membimbing pengguna dalam proses belajar bahasa Inggris mulai dari level awal hingga level lanjutan. Para pengguna akan diajarkan teknik-teknik khusus untuk meningkatkan kemampuan speaking dan listening dalam Bahasa Inggris.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini menawarkan kemampuan belajar secara daring atau online. Semua materi yang terdapat di aplikasi dapat diakses kapan saja dan di mana saja, hanya dengan sentuh layar ponsel anda. Anda hanya perlu memilih mentor yang bisa diminta kapan saja untuk membimbing.

Secara keseluruhan, aplikasi Speak Fluent English sangat cocok bagi para pemula untuk mulai belajar Bahasa Inggris. Aplikasi ini direkomendasikan oleh banyak pengguna dan telah dinobatkan sebagai aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris terbaik oleh sebagian besar pengguna.

Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Inggris: Latin atau Membosankan?


game pembelajaran bahasa inggris

Belajar bahasa Inggris mengalami tren baru dengan berkembangnya aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris. Sebagian besar aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris memperkenalkan materi mulai dari dasar hingga tingkat lanjut secara interaktif.

Selain itu, aplikasi ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Berbicara tentang aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris, ada berbagai macam aplikasi yang tersedia dan dapat diunduh di Playstore. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya, apakah aplikasi ini berkualitas? Ataukah hanya merugikan kita karena malah menambah waktu kita bermain game saja?

Pertama-tama, mari kita lihat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris.

1. Sesuaikan materi dengan tingkat kemampuan

Perhatikan terlebih dahulu bidang mana yang ingin anda pelajari dalam bahasa Inggris dan pastikan aplikasi tersebut memiliki materi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

2. Kualitas materi dan tampilan

Pastikan materi dalam aplikasi tersebut baik dan mudah dipahami. Selain itu, dari segi tampilan, aplikasi tersebut haruslah menyajikan gambar dan suara yang baik dan tidak membosankan.

3. Tersedia Fitur

Tentukan fitur apa yang diperlukan, apakah hanya menampilkan materi saja atau adakah fitur lain seperti latihan, kuis atau game yang dapat meningkatkan keaktifan belajar Anda.

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, maka kita bisa memilih aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris yang direkomendasikan:

1. Duolingo

Duolingo sudah sangat terkenal di kalangan pencari aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris. Aplikasi ini menyajikan proses pembelajarannyaseperti bermain game. Anda cukup melengkapi level-level tertentu agar proses belajar terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

Di setiap levelnya, aplikasi ini akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai tata bahasa Inggris yang umum digunakan sehari-hari. Kemampuan awal Anda akan diuji dengan beberapa pertanyaan singkat. Kemudian saat Anda sudah memahami tata bahasa, Anda bisa mondar-mandir dalam berbagai materi yang diberikan, mulai dari kosakata hingga tanda baca.

2. Babbel

Babbel adalah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dirancang dengan sangat baik dan efektif bagi penggunanya. Setiap pengguna bisa belajar dengan materi-materi interaktif yang akan mendorong pengguna untuk menguasai bahasa Inggris secara cepat dan akurat.

Babbel sangat cepat dan mudah. Anda bisa memilih unit belajar tergantung kebutuhan Anda dan lokasi yang ingin Anda pelajari. Saat menggunakan Babbel, Anda akan menemukan fitur yang cukup menarik, diantaranya latihan melalui game, pengucapan, kosakata dengan ilustrasi, pemahaman tata bahasa, dan banyak lagi.

3. Busuu

Busuu dikenal sebagai salah satu aplikasi game pembelajaran Bahasa Inggris terbaik. Busuu menyediakan materi yang lengkap dan efektif bagi pengguna. Pengguna akan diuji dengan berbagai pertanyaan dan jawaban yang sifatnya interaktif. Dalam setiap materinya Busuu menyajikan panduan materi lengkap untuk menambah wawasan pengguna dalam mempelajari bahasa Inggris untuk berbagai bidang seperti bisnis, kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.

Busuu memiliki fitur yang sangat menarik dan efektif bagi pengguna, antara lain latihan dengan game, tes kemampuan bahasa, serta latihan mendengarkan dan berbicara.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi game pembelajaran bahasa Inggris yang telah direkomendasikan. Tetapi sebesar apa pun keinginan Anda untuk belajar bahasa Inggris, Anda memerlukan konsistensi dalam belajar bahasa asing.

Jangan hanya belajar di aplikasi saja, tetapi dapatkan lebih banyak mengenai bahasa Inggris melalui media lain seperti buku, film, atau bahkan dengan berbicara dengan penutur yang memahami bahasa Inggris. Dengan begitu, kemampuan bahasa Inggris Anda akan terkembang dengan baik. Selamat belajar!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *